Salin Artikel

Psikolog Ungkap Bahaya "Bullying" yang Sebabkan Bocah SD di Tasikmalaya Meninggal

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Psikolog Rikha Surtika Dewi mengomentari bocah SD 11 tahun korban bullying di Tasikmlaya yang meninggal. Rikha menyebut bullying atau perundungan berbahaya.  

Mirisnya, penyebab awal kasus ini kerap dianggap sepele masyarakat di perkotaan dan perkampungan. Dalam bahasa Sunda, disebut dipoyokan atau diejek atau dibully.

Dosen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMT) Biro Psikologi Solusi dan Harapan Bunda Therapy Center ini mengungkapkan, kasus bullying saat ini semakin parah. 

Bully tersebut tidak hanya fisik tapi perkataan, psikologis, hingga perilaku.

"Fenomena sekarang ada pergeseran budaya akibat masifnya media sosial. Sebenarnya bully di kita sejak dulu sudah ada dengan istilah 'dipoyokan' dan selalu dianggap sepele," jelas Rikha kepada Kompas.com lewat telepon, Kamis (21/7/2022).

Dijadikan Konten

Rikha menambahkan, bullying atau dipoyokan bergeser kebiasaanya menjadi bahan keseharian pergaulan masyarakat terutama anak dengan anak, dewasa dengan anak, dan malah banyak dicontohkan di konten viral media sosial.

Bahkan, budaya bully atau dipoyokan tersebut sengaja dibuat video dan disebarkan di media sosial supaya viral dan mendapatkan uang atau dikomersialisasikan.

"Sekarang dengan acara ngejek, menjatuhkan orang lain, dan menganggap orang lain bodoh itu seolah dengan makna pergaulan anak yang biasa. Karena apa? Sebetulnya anak-anak dicontohkan orang dewasa di dekatnya. Juga, dengan anak sudah bebas di media sosial dan mencontoh orang dewasa yang selalu moyokan atau mengejek ke orang lain dan itu dicontoh anak-anak," tambah Rikha.

Padahal, lanjut Rikha, hal yang dianggap sepele tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologis atau kejiwaan para korbannya atau orang yang dibully.

Bahkan, kondisi korban anak paling parah akan mengalami depresi, penurunan kepercayaan diri, sampai akhirnya bisa meninggal seperti kasus di Kabupaten Tasikmalaya.

"Budaya kita sudah mulai bergeser dan jadi banyak bully, semakin banyak contoh dan hit serta malah dikonsumsi entertain buat konten bully dan sebagainya," tutur dia.

"Kadang kita sudah mendengar di kalangan anak-anak dan dewasa kalau gak bully gak best friend. Makanya dianggap sepele dan kadang di rumah sendiri itu terjadi seperti itu oleh orang dewasa, orangtua, atau bahkan orang yang ditemui di dekatnya," tambah Rikha.

Peran Orang Dewasa

Saat ini, Rikha menyebut, pihaknya sangat banyak menemukan klien akibat bully baik di sekolah, lingkungan sekitar, sampai di tempat anak-anak beraktivitas atau bermain.

Seharusnya orang dewasa bisa mencontohkan mana batasan bully dan sampai mana batasan candaan. Serta tak hanya asal bicara tanpa mempertimbangkan perasaan yang dipoyoknya atau dibully.

"Iya, kan ada banyak faktor ya, bagaimana orangtua memberikan pengasuhan, terkait benar buruk awalnya dari rumah, orangtua atau yang membesarkan kita. Jadi asal lihat dewasanya akan dicontoh atau bullying itu sudah akrab di sekitar."

"Sehingga anak akan berpikir bahwa, oh hal sepele dari bibir orangtua terlontar bully dan anak itu akan menganggap bahwa kalau gitu gak apa-apa dan dicontoh," ujar dia.

Terlebih lagi, masih banyak orang dewasa terutama kalangan anak-anak yang bebas asal bicara tanpa mengetahui akibat dari bully ke orang lain.

Sehingga masyarakat seharusnya bisa lebih paham batasan kata-kata atau perbuatan ke orang lain terutama anak-anak.

"Anak itu akan mencontoh orang dewasa yang di dekatnya. Kalau orangtuanya selalu ceplas ceplos mengejek ke orang lain, tentunya akan dicontoh anaknya. Paling parah anaknya akan melakukannya ke anak lainnya atau temannya," kata dia.

Sebelumnya, seorang bocah umur 11 tahun kelas V Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dipaksa teman-temannya menyetubuhi kucing sembari direkam pakai ponsel sepekan lalu.

Akibat rekaman itu disebarkan teman-temannya, korban menjadi depresi tidak mau makan dan minum sampai kemudian meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit pada Minggu (18/7/2022).

Selain menjadi korban perundungan selama masih hidup, bocah itu diketahui kerap dipukuli oleh teman-teman bermainnya selama ini.

Ibu kandungnya mengaku korban merupakan anak kedua dari empat saudara. Ia pelajar SD di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Sepekan sebelum meninggal dunia rekaman itu menyebar dan dibully teman-temannya semakin menjadi-jadi. Anak saya jadi malu, tak mau makan minum, melamun terus sampai dibawa ke rumah sakit dan meninggal saat perawatan," jelas ibu kandungnya, Rabu (20/7/2022).

Korban sempat mengaku ke ibu kandungnya dipaksa menyetubuhi kucing dengan disaksikan teman-temannya sambil diolok-olok dan direkam ponsel para pelaku.

Saat sedang depresi dan tak mau makan dan minum, korban sempat mengeluh sakit tenggorokan sampai akhirnya meninggal dunia.

"Sebelum kejadian rekaman itu, korban juga mengaku suka dipukul-pukul oleh mereka. Sampai puncaknya dipaksa begitu (sama kucing)," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/21/115605178/psikolog-ungkap-bahaya-bullying-yang-sebabkan-bocah-sd-di-tasikmalaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke