Salin Artikel

Gibran Siapkan Suvenir Kontingen ASEAN Para Games 2022, Salah Satunya Ada Wayang Kulit Rajamala

Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, suvenir yang disiapkan untuk kontingen ASEAN Para Games tersebut di antaranya wayang kulit Rajamala dan batik.

"Sudah disiapkan. Salah satunya ada Rajamala bentuknya wayang kulit. Terus batik juga ada," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/7/2022).

Gibran menambahkan pembuatan suvenir ASEAN Para Games melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Solo.

Para UMKM diperbolehkan menggunakan desain logo dan maskot ASEAN Para Games secara gratis.

Putra sulung Presiden Jokowi ini beralasan memilih Rajamala sebagai logo dan maskot serta suvenir kontingen ASEAN Para Games karena ikon dan memiliki filosofi yang bagus.

Diketahui, Rajamala merupakan bagian dari Canthik Kapal Kyai Rajamala menjadi salah satu saksi bisu kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, di abad ke-19.

"Filosofinya bagus ya. Untuk tolak bala, dan biar acara ini (ASEAN Para Games) ini sukses. Karena sekali lagi acara ini masih di tengah pandemi," ungkap Gibran.

Rencananya, pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/7/2022) dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin.

Para kontingen dari berbagai negara juga ikut menyaksikan pembukaan ASEAN Para Games 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/20/183556178/gibran-siapkan-suvenir-kontingen-asean-para-games-2022-salah-satunya-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke