Salin Artikel

Sosok Leo Rolly Carnando, Saat Kecil Taruh Raket di Bawah Bantal Kini Juarai Singapore Open

KLATEN, KOMPAS.com - Leo Rolly Carnando merupakan putra daerah asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berhasil mengukir prestasi dalam ajang Singapure Open 2022.

Leo bersama Daniel Marthin menjuarai Singapore Open 2022 usai mengalahkan senior mereka, Fajar/Rian.

Bermain di Singapore Indoor Stadium, Minggu (17/7/2022) Leo/Daniel mengalahkan Fajar/Rian di final Singapore Open 2022 lewat permainan tiga gim, masing-masing dengan skor 9-21, 21-14, dan 21-16.

Leo merupakan anak kedua pasangan dari Trio Efendi dan Sri Wahyuni, warga Dukuh Poko, Desa Duwet, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Leo menyukai olahraga bulu tangkis sejak dari usia 1,5 tahun. Ia mengikuti jejak kakaknya Samudra Buana Kusuma Jaya yang sejak kecil berlatih bulu tangkis.

"Waktu itu kakaknya masuk bulu tangkis kelas 2 atau 3 SD di klub Golden Star Solo. Tapi Leo ini masih belum tahu apa-apa, masih gendongan. Dia dengan sendirinya senang bulu tangkis," cerita ayah Leo, Trio Efendi kepada Kompas.com di rumahnya, Senin (18/7/2022).

Bahkan, saking senangnya dengan cabang olahraga ini, Leo sampai membawa raket dengan diletakkan di bawah bantalnya saat tidur.

"Setiap tidur raket selalu ditiduri di bawah bantal. Tiap pagi bangun tidur terus latihan," ucap dia.

Juara nasional

Leo yang saat itu berusia 1,5 tahun diikutkan berlatih bulu tangkis di Persatuan Bulu Tangkis (PB) Golden Star Solo. Kemudian Leo ikut pelatihan bulu tangkis ke Karanganyar.

Selama setengah tahun, Leo kemudian masuk ke Persatuan Bulu Tangkis (PB) PMS Solo.

Dia diikutkan pelatihan bulu tangkis PB PMS Solo karena saat itu jarak tempuh rumahnya ke Karanganyar cukup jauh.

"Kok kejauhan (Karanganyar) akhirnya aku masukkan ke PB PMS Solo," ungkap Trio.

Setelah berusia tujuh tahun, pemuda kelahiran Klaten, 29 Juli 2001 sudah mendapatkan pelatih bulu tangkis.

Menurut Trio selama setengah tahun di PB PMS Solo Leo sudah berhasil menyabet juara nasional bulu tangkis. Saat itu, Leo masih berusia tujuh tahun.

Leo kemudian bergabung PB Djarum pada 2015. Dengan bergabung PB Djarum, Leo sudah berbagai meraih kejuaran nasional dan dunia. Terlihat ratusan medali berhasil dia kumpulkan di lemari rumahnya dari kecil hingga sekarang.

"Dia (Leo) ikut audisi PB Djarum enam kali. Lima kali audisi gagal. Kemudian ada panggilan dari teman di Pelatnas yang degradasi akhirnya ketemu anak saya dan masuk ke PB Djarum," terang dia.

Sekitar empat tahun bergabung PB Djarum, Leo kemudian bergabung di Pelatnas. Leo beberapa kali memenangi kejuaran bulu tangkis internasional.

Belum lama, Leo berhasil meraih medali emas bersama Daniel Marthin pada cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor ganda putra SEA Games 2021 Vietnam pada Mei 2022.

Dikatakan Trio, Leo sempat absen dari Malaysia Open dan Malaysia Masters 2022 karena cedera pinggang pada pinggangnya setelah tampil di Indonesia Open.

"Sempat istirahat pemulihan. Sebetulnya belum pulih total. Tapi dia memang punya keinginan bertanding di Singapore Open 2022, Alhamdulillah dia juara. Dia sebenarnya masih merasakan sakit juga," ungkap dia.

Trio merasa bangga atas keberhasilan Leo membawa Indonesia sebagai juara Singapore Open 2022. Selama ini, kata dia Leo selalu meminta doa restu dari rumah setiap akan bertanding.

Leo selalu menghubungi orangtuanya melalui sambungan video call. Trio pun selalu memberikan pesan kepada Leo agar fokus, konsentrasi, dan bermain secara all out.

"Tiap malam selalu telepon video call. Kalau mau berangkat (bertanding)," katanya.

Trio mengetahui Leo berhasil meraih juara Singapore Open 2022 melalui siaran langsung televisi swasta nasional. Setelah itu, Trio menghubungi Leo untuk memberikan ucapan selamat pada malam harinya.

"Buat dia responsnya tidak seperti juara. Perasaannya merasakan sakit. Sinar matanya seperti kecapekan sekali waktu nonton di televisi kemarin. Setelah bertanding Leo seperti kehabisan tenaga karena merasakan sakit (cedera pinggang)," sambungnya.

Lebih jauh Trio berharap ada perhatian dan apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten terhadap atlet berprestasi. Tidak hanya untuk cabang olahraga bulu tangkis, tetapi juga terhadap cabor yang lainnya.

"Setidaknya ada perhatian dari pemerintah. Masa punya atlet berprestasi tidak ada respons sama sekali. Tidak untuk mengharapkan bonus, tidak. Tapi ada perhatian pemerintah bisa ditingkatkan untuk bidang olahraga, tak hanya bulu tangkis namun semua atlet dalam olahraga ditingkatkan dan diperhatikan," terang Trio.

Cedera

Sebelumnya, ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil meraih gelar juara Singapore Open 2022 seusai memenangi partai puncak kontra sesama wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Final Singapore Open 2022 antara Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto itu berlangsung di Singapore Indoor Stadium pada Minggu (17/7/2022) sore WIB.

Sebelum memetik kemenangan, Leo/Daniel sempat kesulitan meladeni Fajar/Rian yang tampil dominan pada gim pertama. Namun, mereka mampu bangkit ketika memasuki gim kedua dan ketiga.

The Babies, julukan Leo/Daniel, berhasil memastikan kemenangan atas Fajar/Rian setelah berjuang 52 menit di lapangan.

Leo/Daniel menang lewat rubber game dengan skor 9-21, 21-14, dan 21-16.

Berkat kemenangan ini, Leo/Daniel berhasil memecah telur dengan meraih gelar juara pertama dalam ajang BWF World Tour.

Leo/Daniel juga menambah raihan prestasi ke dalam curriculum vitae (CV) mereka. Sebelumnya, pasangan berusia 21 tahun itu lebih dulu meraih medali emas SEA Games Vietnam pada Mei 2022.

Seusai memastikan gelar juara Singapore Open 2022, Leo/Daniel tak kuasa menyembunyikan rasa gembira.

Bahkan, Daniel menyebut keberhasilan dalam menjuarai Singapore Open 2022 adalah bagian dari mukjizat.

Sebab, dia mengetahui bahwa rekan duetnya, Leo Rolly Carnando sempat mengalami masalah pinggang saat berjuang di partai puncak kontra Fajar/Rian.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/18/155951778/sosok-leo-rolly-carnando-saat-kecil-taruh-raket-di-bawah-bantal-kini-juarai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke