Salin Artikel

Ganjar Sebut Kasus Covid-19 BA 4 dan BA 5 Meningkat, Warga Diimbau Taat Prokes

Oleh karena itu Ganjar mengimbau warga Jawa Tengah untuk menerapkan kembali protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Ganjar saat kunjungannya di Purworejo pada Minggu (17/7/2022) siang. Ganjar meminta seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan kembali, guna mencegah meluasnya kasus Covid-19.

"Covid nya masih naik Bapak, Ibu. Varian BA.4 dan BA.5. Maka dari itu saya minta tetap patuhi prokes," kata Ganjar saat menghadiri acara pengajian Majelis Thariqot Qadiriyah wa Naqsabandiyah do Masjid Shidieq Zarkasyi.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19 subvarian Omicron BA 4 dan BA 5, ia mengapresiasi warga yang sudah melakukan vaksin booster dan menekankan warga yang belum vaksin Booster untuk segera melaksanakannya.

"Yang sudah terima kasih ya, yang belum segera mengantre (Booster) dan jika ada kerumunan tetap menggunakan masker," katanya.

Diketahui, subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia. Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif.

Ada 4 kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022 yang lalu. 4 kasus itu terdiri dari 1 orang positif BA.4 seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali.

Sisanya 3 orang kasus positif BA.5. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri delegasi pertemuan the Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali pada 23 sampai 28 Mei.

Menurut data dari Kemenkes RI, kondisi klinis tiga orang itu antara lain dua orang tidak bergejala dan satu orang gejala ringan dengan sakit tenggorokan dan badan pegal. Mereka rata-rata sudah vaksin Booster bahkan sampai ada yang 4 kali divaksin COVID-19.

Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tampak memunculkan gejala yang tak begitu berbeda dibandingkan varian BA.2. Namun, kedua subvarian ini kerap membuat penderita Covid-19 merasakan gejala yang lebih banyak.

"Allah memberikan cobaan kepada kita ini banyak, manusia musti meresponsnya dengan baik dengan ilmu, akal, dan dengan doa," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/18/143207378/ganjar-sebut-kasus-covid-19-ba-4-dan-ba-5-meningkat-warga-diimbau-taat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke