Salin Artikel

Ada Uji Beban Jembatan Ciujung di Tol Tangerang Merak Besok, Ini Jalur Alternatifnya

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak Uswatun Hasanah mengatakan, pelaksanaan uji beban akan dilakukan secara dua tahap, yaitu untuk jembatan baja atau arah Jakarta dan jembatan beton atau arah Merak.

"Uji beban tahap satu akan dilakukan pada tanggal 19-20 Juli 2022 untuk Jembatan Arah Jakarta, dan uji beban tahap dua pada tanggal 25-26 Juli 2022 untuk arah sebaliknya yaitu jembatan arah Merak," kata Uswatun melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Dijelaskan Uswatun, perlu dilakukan pengujian berupa uji beban untuk memastikan jembatan laik fungsi sebelum beroprasi.

Pengujian tersebut, meliputi uji dinamis dan uji statis dimana akan melibatkan total 30 truk bermuatan 35 ton diatas Jembatan Ciujung.

Karena itu, pada saat uji beban akan dilakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan contra flow.

"Pengguna jalan yang berencana berpergian menuju Banten ataupun Jakarta, wajib menyimak tanggal-tanggal pelaksanaan uji beban berikut agar dapat merencanakan perjalanan lebih baik," ujar Uswatun.

Pengelola tol Tangerang Merak pun menyarankan bagi pengguna jalan untuk melalui jalur alternatif dengan melalui jalur alteri.

Bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak yang hendak pergi ke arah Merak, dapat keluar melalui gerbang tol Cikande dan masuk kembali melalui gerbang tol Ciujung.

"Sebaliknya, untuk yang berpergian ke arah Jakarta, dapat keluar melalui gerbang tol Ciujung dan masuk kembali melalui gerbang tol Cikande," kata dia.

Uswatun menghimbau, bagi seluruh pengguna jalan tol harap selalu berhati-hati dalam berkendara dan patuhi aturan dari petugas di lapangan.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/18/125941678/ada-uji-beban-jembatan-ciujung-di-tol-tangerang-merak-besok-ini-jalur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke