Salin Artikel

Jadi Khatib Shalat Jumat, Bupati Sumedang Ingatkan Pentingnya Iman dan Takwa

KOMPAS.com - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menjadi khatib shalat Jumat di Masjid Al-Mizan di Kompleks Kejaksaan Tinggi (Kejati), Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/7/2022).

Pada kesempatan tersebut, Dony mengingatkan kepada para jemaah tentang pentingnya meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Takwa tidak hanya di lisan saja, tetapi harus dipraktikkan dalam kehidupan keseharian. Takwa berarti menjalankan perintah Allah dan menjauhi seluruh larangannya. Itu adalah bekal kehidupan kita di dunia dan di akhirat kelak," ujar Dony dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/7/2022).

Selain bertakwa, Dony juga mengajak jemaah untuk bermuhasabah serta mengevaluasi diri atas kebaikan dan keburukan pada semua aspek kehidupan dalam satu pekan ke belakang.

"Mari evaluasi diri selama satu minggu ke belakang, mulai dari Jumat kemarin sampai Jumat sekarang. Apakah banyak perbuatan baik atau malah sebaliknya? Jika banyak kebaikan, terus tingkatkan. Kalau banyak perbuatan buruk, segera hentikan selagi ada kesempatan," katanya.

Dalam hidup, lanjut Dony, setidaknya ada tiga hal yang konstan, yaitu perubahan, pilihan, dan prinsip.

Menurutnya, ketiga tersebut dapat menentukan kebahagiaan manusia, baik di dunia maupun akhirat.

“Di antara ciri orang yang bertakwa adalah mereka yang senantiasa berinfak dan bersedekah, baik pada waktu lapang maupun sempit. Selain itu, ciri selanjutnya adalah mereka yang senantiasa menahan amarah dan tidak mudah marah,” ucap Dony.

Dony menambahkan, perasaan marah dapat menimbulkan pertikaian dan perselisihan.

Adapun cara untuk meredakan amarah menurut nabi Muhammad SAW adalah dengan mengucapkan taawudz atau istigfar.

“Jika masih marah, cepat-cepat ambil wudu. Kalau kita marah sedang berdiri, cepat duduk. Jika duduk masih tetap marah, berbaringlah," tuturnya.

Ciri orang bertakwa yang terakhir, tambah Dony, adalah punya sifat mau memaafkan kesalahan orang lain. Utamanya, sebelum orang lain minta maaf kepadanya.

"Hampuraan, itulah ciri orang bertakwa. Allah senantiasa menyukai orang orang yang berbuat kebaikan. Banyak kebaikan yang bisa kita lakukan. Senyum saja sudah kebaikan. Sebab, orang akan tenang serta terjaga dari lisan dan perbuatannya," terang Dony.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/16/09490021/jadi-khatib-shalat-jumat-bupati-sumedang-ingatkan-pentingnya-iman-dan-takwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke