Salin Artikel

Mengenal Likupang, Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Utara Pulau Sulawesi

Diketahui Likupang berada sekitar 60 kilometer dari kota Manado dan bisa dicapai lewat jalur darat selama sekitar 2 jam.

Pemilihan Likupang sebagai lokasi gelaran internasional tersebut pun bukan tanpa alasan. Likupang merupakan salah satu wilayah yang ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas.

“Keindahan Likupang pasti, sudah pasti karena pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Pariwisata dan Menteri Bappenas menempatkan Manado-Likupang sebagai salah satu daerah pariwisata super prioritas,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Octavianus Estefanus Kandouw saat peluncuran Piala Presiden Kompetisi Memancing Internasional, Jumat (15/7/2022).

“Ini berarti kan sudah melalui kajian dan pertimbangan yang komprehensif. Sehingga Likupang ini ditetapkan sebagai lima daerah super prioritas dari begitu banyak daerah yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Steven mengungkapkan bahwa Likupang merupakan daerah pariwisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata alam hingga budaya masyarakatnya.

“Memang kalau kita ke sana, rasa-rasanya Likupang ini daerah pariwisata yang amat sangat lengkap. Ada wisata above the water, under water, di daratan juga ada. Begitu juga dengan kultural masyarakatnya. Intinya yang bisa saya sampaikan dari aspek keindahan alam, Likupang itu one of the best in Indonesia,” ujarnya.

Tidak hanya itu, banyak flora dan fauna laut yang ada di Likupang tapi tak ditemukan di daerah lain.

“Begitu juga dengan pantai-pantainya dan pulau-pulaunya,” tuturnya.

Lebih lanjut Steven mengungkapkan fakta yang menarik soal lokasi Likupang. Dia menyebut Likupang adalah titik paling Utara di Pulau Sulawesi.

“Selama ini orang tidak banyak yang menyadari Likupang itu the northest point of Sulawesi island. Jadi titik paling utara di Pulau Sulawesi dar Makassar sampai Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, di Sulawesi Utara ada di Likupang. Jadi kalau kita di Likupang berarti ada di ujung utara Pulau Sulawesi,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/204128578/mengenal-likupang-destinasi-pariwisata-super-prioritas-di-utara-pulau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke