Salin Artikel

Kronologi Pencurian Alis dan Kelopak Mata Jenazah, Pelakunya Kakek 65 Tahun, Polisi: Motifnya supaya Kebal Senjata Tajam

KOMPAS.com - Bagian tubuh dari dua jenazah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, dicuri oleh seorang kakek berusia 65 tahun.

Pelaku berinisial S mencuri alis dan kelopak mata dari dua jenazah Sandariah dan Bari. Keduanya meninggal pada hari yang sama, yakni Senin (11/7/2022).

Pencurian ini terungkap usai pelaku tepergok oleh anak korban Sandariah.

S memulai aksinya dengan berpura-pura melayat ke kediaman Sandariah di Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai, Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 09.30 Wita.

Begitu tiba, S duduk di samping jenazah. Ia lantas bermodus membacakan surat Yasin. Saat keluarga tidak berada di dekat jenazah, S mulai beraksi.

Namun, aksi S tepergok oleh anak korban, Misrah (48).

"Saat saya datang memergokinya, dia terlihat kaget dan terlihat mengusap-ngusap wajah ibu saya, kemudian memasukkan sesuatu ke dalam kantong celana. Saat itu, tersangka yang memakai sorban terlihat gugup dan refleks memijat kaki jenazah," ujarnya, Rabu (13/7/2022), dikutip dari Banjarmasin Post.

Walau mencurigai S melakukan sesuatu terhadap jenazah ibunya, tetapi Misrah tak berani menegur pelaku.

"Namun, begitu tersangka pulang, saya langsung memanggil adik ipar saya kemudian kami memeriksa kondisi jenazah ibu. Nyata benar terjadi sesuatu di bagian matanya tidak ada lagi hingga mata ibu saya menjadi terbelalak karena tidak ada kelopak mata," ucapnya.

Ketika didatangi adik ipar Misrah, S sempat tak mengakui perbuatannya. Setelah didesak, ia akhirnya mengembalikan bagian tubuh yang disayat memakai silet.

Keluarga korban lantas melaporkan S ke kantor Kepolisian Resor (Polres) HST.

S ditangkap polisi pada Selasa di rumahnya. Dia kini telah dimasukkan ke sel tahanan Polres HST.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres HST AKP Antoni Silalahi mengatakan, saat mendatangi rumah duka, S telah menyembunyikan sebuah silet. Ia kemudian berpura-pura berduka, lalu mendekati jenazah.

"Korban atau jenazah pertama atas nama Sandariah, yang kedua atas nama Bari. Jadi totalnya dua jenazah," ungkapnya, Rabu.

Antoni menuturkan, bagian tubuh yang dicuri S dari jenazah Bari adalah dua alis.

Menurut keterangan pelaku, aksi itu dilakukan sebagai syarat mendapat ilmu kebal.

"Untuk motif sementara pengakuan dari pelaku supaya tubuh kebal dari senjata tajam," tuturnya.

Antoni menjelaskan, polisi saat ini tengah menyelidiki kasus tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad Haswar | Editor: Khairina)

Sebagian artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.com dengan judul BREAKING NEWS : Beraksi Curi Alis dan Kelopak Mata Jenazah, Kakek di HST Kalsel Diamankan Polisi

https://regional.kompas.com/read/2022/07/14/091100178/kronologi-pencurian-alis-dan-kelopak-mata-jenazah-pelakunya-kakek-65-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke