Salin Artikel

Diguyur Hujan Lebat, 9 Titik Jalan di Kota Kebumen Tergenang Banjir

KEBUMEN, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kebumen, Jawa Tengah, tergenang banjir setelah diguyur hujan lebat, Rabu (13/7/2022) malam.

Hujan lebat mengguyur wilayah setempat sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Munadi mengatakan, total terdapat sembilan titik banjir.

"Ketinggian rata-rata 10 sampai 30 sentimeter," kata Munadi, kepada wartawan, Rabu malam.

Munadi menyebut titik banjir berada di perempatan Tugu Lawet, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Hasim Asyari ke arah timur hingga taman kota.

Kemudian, Jalan Kaswari sebelah timur, Jalan Kusuma, Jalan Sutoyo ke arah timur hingga utara pasar, Jalan Pemuda, Jalan Suprapto dan Jalan Merdeka depan DPRD.

Selain di kawasan perkotaan, banjir juga dilaporkan terjadi di jalan depan Pasar Ayah ke arah Pantai Logending dengan ketinggian 10 hingga 40 sentimeter.

"Kami masih terus melakukan asesmen ke lokasi. Kami mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati dan terus koordinasi dengan dinas terkait," ujar Munadi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Haryono Wahyudi mengatakan, banjir disebabkan hujan lebat dan tersumbatnya drainase dan pintu air Pegadaian.

Pihaknya bersama tim BPBD hingga malam ini masih terus melakukan pemantauan dan penanganan dengan membersihkan sampah.

"Penanganan yang dilakukan adalah sampah-sampah yang menghambat aliran air kami bersihkan. Tim semua masih terus bekerja," kata Haryono.

Pihaknya juga telah menurunkan alat berat yang akan digunakan untuk pembuatan atau pelebaran drainase di sejumlah titik.

Pekerjaan tersebut ditargetkan rampung akhir tahun ini.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/13/232914578/diguyur-hujan-lebat-9-titik-jalan-di-kota-kebumen-tergenang-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke