Salin Artikel

7 Menara SUTET Terancam Tumbang karena Ada Galian C, Listrik di Aceh Terancam Padam

Menara-menara yang terancam tumbang itu berada di Aceh Timur, Kota Lhokseumawe, Bireuen dan Aceh Besar.

“Tower (menara) yang kami maksud terancam tumbang itu, adalah tower penyangga utama aliran listrik melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi/Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET) dari pembangkit yang ada di Sumut dan Aceh,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdinur, di Banda Aceh, Selasa (12/7/2022). 

Kondisi itu, kata Mahdinur, baru diketahui setelah PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Banda Aceh meninjau lokasi sejumlah menara SUTET dekat lokasi penambangan bahan galian C.

Temuan itu kemudian dilaporkan PLN ke Dinas ESDM Aceh. 

Perwakilan Pemerintah Provinsi Aceh dan PLN kemudian turun ke lokasi ketujuh menara itu.

Mahdinur mengatakan, anggota TNI, polisi, dan tokoh masyarakat juga diajak untuk melihat kondisi menara SUTET yang terancam tumbang.

"Supaya mereka mengetahui, ancaman dari kegiatan penggalian bahan galian C yang berada berdekatan dengan tower SUTT dan SUTET tersebut, towernya bisa tumbang, aliran listrik ke empat daerah tersebut dan daerah lainnya bisa padam, dalam waktu yang lama," sebutnya.

Mahdinur juga menjelaskan, aktivitas penggalian yang dilakukan masyarakat di luar luasan tapak menara SUTET.


Namun, lokasi sudah sangat dekat sehingga berdampak pada ketahanan tapak kaki menara.

Akibatnya, setiap musim hujan, tanah tapak menara terkikis air sehingga kondisinya jadi kritis.

Bahkan, ada beberapa menara yang tapak tanahnya sudah tergerus air tanah, dan harus dipasang kabel penyangga, agar tidak tumbang.

"Kendati itu merupakan tanahnya miliknya, hendaknya lokasi penggaliannya berjarak 50 meter dari lokasi tapak kaki tower SUTET, agar tidak mengganggu kekuatan tapak kaki tower SUTET," kata Mahdinur.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Tujuh Tower Listrik Tegangan Tinggi di Aceh Terancam Roboh Akibat Galian C di Dekat Tower SUTT.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/12/222023178/7-menara-sutet-terancam-tumbang-karena-ada-galian-c-listrik-di-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke