Salin Artikel

Dampak Banjir dan Longsor di Ambon, BPBD: 79 Rumah Rusak hingga 2 Warga Tewas

Kepala BPBD Kota Ambon Demmy Paays mengatakan, rumah warga dan fasilitas umum rusak akibat banjir dan longsor di Kota Ambon selama dua pekan terakhir.

BPBD mencatat 79 rumah warga dan satu jembatan rusak akibat banjir dan longsor.

“Rumah yang rusak akibat banjir dan tanah longsor itu ada 79 unit, terancam longsor ada 97 unit dan kerusakan fasilitas lainnya berupa 18 talud dan enam titik jalan,” kata Demmy kepada Kompas.com, Selasa (12/7/2022).

Banjir dan longsor di Ambon berdampak langsung kepada 1.153 kepala keluarga (KK) di lima kecamatan di Ambon. Akibatnya, 4.706 warga terpaksa mengungsi.

“Sebanyak 1.153 kepala keluarga terdampak dan 4.706 jiwa mengungsi ke lokasi aman,” ujarnya.

Menurut Demmy, titik banjir di Kota Ambon tersebar di 20 titik yang mengakibatkan 831 rumah warga terendam. Sedangkan musibah longsor tersebar di 157 titik di Kota Ambon.

Selain merusak rumah warga, banjir dan longsor ikut merusak tiga sekolah dasar di Ambon yakni SD Negeri 86, SD Negeri 34, dan SD Inpres 42.

“Fasilitas umum lain yang terdampak banjir yakni rumah sakit Otto Kuyk yang ikut terendam banjir,” katanya.

Sementara itu, terdapat dua orang tewas dan lima terluka akibat banjir serta longsor di Ambon. Sebanyak dua orang meninggal bernama Vrento Palijama (7) dan Ikhwan Jekta (4).

“Untuk korban itu ada tujuh orang, dua meninggal dunia dan lima lainnya luka-luka,” katanya.

Saat disinggung soal kerugian yang ditimbulkan akibat musibah banjir dan tanah longsor di Ambon, Demy mengaku bukan kewenangan BPBD.

“Maaf kita tidak menghitung atau menaksir kerugian akibat musibah ini,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/12/153759478/dampak-banjir-dan-longsor-di-ambon-bpbd-79-rumah-rusak-hingga-2-warga-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke