Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] Avanza Tabrak TPR di Parangtritis | Sri Sultan HB X Larang Skuter Listrik di Tugu Pal Putih

KOMPAS.com - Diduga sopir mengantuk, sebuah mobil menabrak Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) di Pantai Parangtritis, Padukuhan Duwuran, Kalurahan Parangtrits, Kapanewon Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (11/7/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, akibat kecelakaan itu fasilitas TPR rusak parah.

Sementara itu, berita soal Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, skuter listrik dilarang beroperasi di kawasan Tugu Pal Putih.

Berikut ini berita populer Yogyakarta:

Sebuah mobil Avanza dengan nomor polisi AB 1813 DO menabrak TPR di Parangtritis.

Mobil itu dikendarai RW (29), warga Kapanewon Tempel, Sleman, itu awalnya melaju dari selatan menuju ke arah utara dengan kecepatan tinggi.

"Mobil melaju dari arah selatan ke utara dengan kecepatan tinggi, dikarenakan kurang konsentrasi dan pengemudi mengantuk sehingga oleng dan menabrak tiang penyangga TPR Induk Parangtritis," kata Kanit Gakum Satlantas Polres Bantul, Iptu Maryana.

Sri Sultan tegas melarang sukter listrik beroperasi di kawasan sumbu filosofis tersebut.

"Ya sebetulnya ndak boleh, kan sudah ada keputusannya. Siapa yang membolehkan," kata Sultan, di Kepatihan, pada Senin (11/7/2022).

Sultan pun meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tegas dalam menegakkan aturan ini.

Perwakilan mahasiswa asal Manokwari, Papua Barat, menmeui Ketua Ombudsman Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Budhi Masturi.

"Kedatangan kami ke sini terkait dengan beasiswa, dalam hal ini kami mahasiswa Papua khususnya mahasiswa Manokwari, yang besiswanya belum terealisasi sampai sekarang," ujar Sekjen Ikatan Pelajar Mahasiswa Papua (IPMAPA) DIY Irto Mamoribo, pada Senin (11/7/2022).

Kapolsek Wonosari Kompol Edi Purnomo menjelaskan, dapur milik seorang nenek di Gunungkidul, ludes terbakar.

Sukido (50), tetangga korban, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Iya kemarin itu memasak daging kurban, sehingga dapur terbakar," kata Kapolsek Wonosari Kompol Edi Purnomo, saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (11/7/2022).

(Penulis : Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma, Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor : Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/12/070000778/-populer-yogyakarta-avanza-tabrak-tpr-di-parangtritis-sri-sultan-hb-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke