Salin Artikel

Kabur Saat Hendak Disembelih, Seekor Kerbau di Kudus Tumbang Dihujani Tembakan Polisi

Kepala Desa Peganjaran Sutikdji mengatakan, kerbau berukuran cukup besar yang dipersiapkan sebagai kurban di lapangan Masjid Gambiran, Desa Peganjaran tersebut kabur menjauh ketika dikeluarkan dari kandang sekitar pukul 07.05 WIB.

Kerbau tersebut meronta hingga tali ikatannya terlepas dari genggaman empat orang dewasa.

"Awalnya dipersiapkan untuk korban. Yang satu sudah disembelih. Kemudian yang kedua ini dikeluarkan dari kandang. Kebetulan milik warga Desa Peganjaran. Saat itu sudah dipegangi orang empat dan belum sampai tempat  penyembelihan . Kerbau berontak dan tak bisa dikendalikan hingga empat orang terseret luka ringan," ungkapnya Sutikdji saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Seketika itu juga warga bersama TNI dan Polri melakukan pengejaran untuk menangkap kerbau yang telah berlari kencang tak tahu arah tersebut.

Kerbau yang dinilai membahayakan keselamatan warga itu akhirnya tumbang setelah dihujani tembakan laras panjang oleh beberapa personel Polsek Bae. Diketahui kerbau tersebut sudah berlari sejauh sekitar 7 kilometer.

"Awalnya ditembak di depan puskesmas Gribig , tapi kurang tepat sasaran. Kerbau terus lari ke arah Desa Klumpit dan ditembak lagi tapi masih bisa lari. Kerbau lantas menuju arah Barat sampai di area persawahan Kecamatan Gebog. Kerbau lalu dilumpuhkan beberapa kali tembakan," terang Sutikdji.

Dijelaskan Sutikdji, kerbau yang masih dalam kondisi hidup tersebut kemudian langsung disembelih sesuai syariat Islam di sekitar ladang tebu di Kecamatan Gebog.

"Kebo masih hidup namun sudah tak bisa berdiri, dan saat disembelih darah masih segar banyak," pungkas Sutikdji.

Kapolsek Bae AKP Ngatmin menyampaikan, sedikitnya lima personel Polsek Bae bersenjata laras panjang diterjunkan untuk membantu melumpuhkan kerbau berumur dua tahun lebih itu.

"Kami menerima laporan dan saya perintahkan lima anggota untuk melumpuhkan. Tembakan terakhir dua kali kena kepala dan perut. Kerbau langsung disembelih Pak Modin dan dibawa ke Masjid Desa Peganjaran," kata Ngatmin.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/11/183659478/kabur-saat-hendak-disembelih-seekor-kerbau-di-kudus-tumbang-dihujani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke