Salin Artikel

94 Titik Panas, Satu Helikopter Diturunkan Padamkan Kebakaran Hutan di Riau

KOMPAS.com - Satu helikopter dikerahkan untuk membantu upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa bagian wilayah Provinsi Riau.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal mengatakan, satu helikopter water bombing (pengobaman air) diturunkan untuk mengatasi kebakaran di Rokan Hilir.

"Sementara untuk (menangani) kebakaran di Rokan Hulu, siang ini kami turunkan helikopter ke sana, sebab saat ini helikopter water bombing yang satu lagi sedang dalam perbaikan," kata Edy, dikutip dari Antara, Senin (11/7/2022).

Selain itu, ada 94 titik panas menjadi indikasi kebakaran hutan dan lahan terpantau di Kabupaten Kampar, Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu.

"Kebakaran di Dumai sudah padam, tinggal pendinginan," tambahnya.

BPBD mencatat, titik api paling banyak tersebar di wilayah Rokan Hilir sebanyak 68 titik dan Rokan Hulu sebanyak 19 titik.

Update terbaru pada Senin, terpantau di wilayah Rokan Hilir ada 4 titik, Rokan Hulu 2 titik dan Dumai satu tiitik.

Di Kabupaten Rokan Hilir, titik api terpantau di Desa Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko; Desa Teluk Nilai, Kecamatan Kubu; Desa Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimbo Melintang; dan Desa Raja Bejamu, Kecamatan Sinaboi.

Titik api juga terpantau di Desa Sialang Jaya dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu serta Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Diberitakan sebelumnya, Kebakaran besar melanda hutan dan lahan di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sabtu (9/7/2022).

Api terus meluas, hutan dan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 50 hektar.

Serda Dedy Nofery Samosir, seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR, mengatakan, kebakaran diketahui pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB.

Titik api ditemukan melalui pantauan aplikasi satelit Lapan dan aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

"Begitu ada titik api yang terpantau dari aplikasi, kami dari TNI Koramil 02/Rambah bersama Polri dan BPBD Rohul langsung menuju lokasi. Sampai di lokasi ditemukan titik api dan kami langsung melakukan pemadaman," kata Dedy melalui pesan WhatsApps, Sabtu malam.

Petugas yang melakukan pemadaman terkendala karena tidak ada sumber air. Akses ke lokasi juga ekstrem.

"Lokasi kebakaran berada di areal perbukitan tanah mineral, jadi sumber air sulit ditemukan," sebut Dedy.

Saat ini, kata Dedy, petugas memadamkan api hanya menggunakan ranting kayu. Sementara kebakaran terus meluas.

"Diperkirakan luas hutan dan lahan yang terbakar sekitar 50 hektar. Sampai malam ini, pemadaman kami lakukan secara manual pakai ranting pohon," kata Dedy.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor Andi Hartik), Antara

https://regional.kompas.com/read/2022/07/11/143108478/94-titik-panas-satu-helikopter-diturunkan-padamkan-kebakaran-hutan-di-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke