Salin Artikel

Sekelompok Orang Memalangi Jalan dan Perkantoran di Mamberamo Tengah, Ini Kata Kapolda Papua

Mereka menutup paksa sejumlah ruas jalan dan perkantoran.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri mengatakan, aksi pemalangan dilakukan oleh massa yang menamakan diri sebagai Masyarakat Peduli RHP.

RHP atau Ricky Ham Pagawak adalah Bupati Mamberamo Tengah yang sedang terjerat masalah hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Fakiri menegaskan, aksi pemalangan yang mengakibatkan situasi keamanan terganggu, tidak dibenarkan dan memiliki konsekuensi hukum.

"Ada yang mengatasnamakan masyarakat, ada yang mengatasnamakan pribadi yaitu Ketua DPRD (Mamberamo Tengah) melakukan pemalangan, itu kan nanti ada unsur melawan hukumnya, saya sudah minta itu untuk digelar oleh Pak Direskrimum untuk dilihat di mana perbuatan melawan hukumnya," ujarnya di Jayapura, Senin (11/7/2022).

Fakiri memastikan ada satu kompi Brimob yang hari ini tiba di Kobakma untuk membantu Personel Polres Mamberamo Tengah menangani situasi.

Jumlah tersebut masih akan bertambah karena ia masih akan memgirim dua kompi Brimob ke lokasi tersebut pada Selasa (12/7/2022).


Fakiri juga menegaskan, polisi akan memroses hukum siapa saja yang terlibat dalam aksi pemalangan tersebut.

"Nanti setelah perkuatan pasukan sampai di sana akan ada beberapa PJU yang saya kirim untuk mengevaluasi situasi di Kobakma," kata dia.

"Hasil evaluasi itu akan dilaporkan kepada saya untuk menyiapkan langkah-langkah lanjutan, baik penegakan hukum terhadap yang melakukan pemalangan atau apabila nanti ada penegakan hukum terkait KPK," sambung Fakiri.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/11/134027978/sekelompok-orang-memalangi-jalan-dan-perkantoran-di-mamberamo-tengah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke