Salin Artikel

Gubernur Maluku Tantang Duel Mahasiswa yang Mendemonya, Pemprov: Spontanitas, Gaya Beliau Memang seperti Itu

Aksi Gubernur Murad menantang para demonstran untuk berduel dengannya itu berlangsung saat Murad hendak meresmikan Pelabuhan Merah Putih  di Namlea, Kabupaten Buru, Sabtu (9/7/2022).

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Maluku, Fransiscus Renwarin mengatakan bahwa insiden tersebut hanyalah spontanitas.

"Kalau saya, ini spontanitas karena ada sebut nama Murad Ismail. Ilustrasinya begini ini,  misalnya contoh kita lagi di rumah dengan tenang lalu orang-orang teriak nama satu dua kali pasti siapa yang teriak-teriak pasti bereaksi juga," ungkapnya kepada Kompas.com via telepon seluler, Minggu (10/7/2022).

Dia mengakui bahwa Murad bereaksi seperti itu lantaran aksi demo mahasiswa dan warga itu telah membuat gaduh dan mengganggu jalannya acara tersebut.

"Iya demo itu yang mengganggu dan itu yang kita salahkan," ujarnya.


Fransiscus mengatakan bahwa gaya Gubernur Maluku memang agak berbeda dan banyak orang Maluku sudah mengetahui hal tersebut.

Menurutnya banyak warga yang mengenal kepribadian Murad menganggap hal itu biasa saja.

"Pada intinya gaya gubernur (memang) seperti begitu. Kalau pada umumnya orang-orang yang sudah kenal beliau, kita sudah kenal itu tidak bereaksi,"  ungkapnya.

Terkait insiden itu Fransiscus mengaku telah berkoordinasi dengan penjabat Bupati Buru dan tokoh masyarakat yang duduk berdekatan dengan Gubernur Murad untuk meluruskan masalah tersebut di media. 

Fransiscus juga mengaku selaku bawahan, ia bersama OPD lainnya tentu akan memberikan masukan kepada Gubernur Murad agar kedepan lebih tenang lagi dalam menghadapi situasi seperti itu.

"Tentu ini menjadi masukan juga bagi kita, artinya selaku perangkat daerah mengingatkan Pak Gubernur untuk jangan terlalu reaktif," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Maluku Murad Ismail menantang duet warga dan mahasiswa yang mendemonya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buru, Sabtu (9/7/2022).

Murad yang datang bersama istrinya di lokasi kegiatan tiba-tiba berdiri lantaran suasana gaduh di sekitar tenda acara.

Saat itu Murad langsung mengajak para pendemo untuk berduel dengannya.

"Woe… Kasi masuk sini katong (kita) bakalai (duel) mari. Sudah lama saya enggak bakalai ini,” kata Murad dengan suara lantang.

Aksi Murad itu pun sempat terekam dalam video hingga viral di media sosial.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/10/101445678/gubernur-maluku-tantang-duel-mahasiswa-yang-mendemonya-pemprov-spontanitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke