Salin Artikel

Heboh Video Oknum Polantas di Palopo Diduga Lakukan Pungli, Kasatlantas: Mereka Bersumpah Tidak Minta kepada Sopir

KOMPAS.com - Warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan diduga oknum Satlantas Polres Palopo, Sulawei Selatan, yang melakukan pungutan liar (pungli) terhadap sopir truk.

Kejadian itu terjadi di Jalan Poros Palopo-Masamba tepatnya di depan SPBU Rampoang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

"Saya dimintai Rp 500.000 untuk 4 mobil, tapi saya hanya mampu bayar Rp 100.000. Itu pun hanya untuk beli rokok. Ongkos jalan sudah habis," kata sopir yang ada dalam video tersebut.

Setelah video itu viral, Kasatlantas Polres Palopo AKP Suriyanto pun langsung mengumpulkan seluruh personelnya untuk dimintai keterangan.

Saat seluruh personelnya kumpul, Suriyanto pun meminta anggotanya untuk jujur terkait dengan video tersebut. Namun, tidak ada satupun anggota yang membenarkan video itu.

“Saya meminta kepada seluruh personel supaya jujur ketika ditanya. Namun, tidak seperti yang diharapkan, baik yang bukan pengaturan saat itu maupun staf yang ada di kantor, tidak ada satupun yang membernarkan video yang beredar,” kata Suriyanto.


Suriyanto menyebut, tudingan tentang pungutan liar atau pungli itu tidak benar.

“Kalau dikatakan pungli saya kira tidak ada, karena saya sudah kroscek anggota yang ada di TKP saat itu. Mereka bahkan bersumpah tidak meminta kepada para sopir," ungkapnya.

Setelah kejadian itu, Suriyanto pun meminta kejadian itu untuk diluruskan bahwa tidak ada pungli.

Jika memang ada, Suriyanto pun meminta sopir tersebut untuk memberi tahu siapa namanya dan orangnya.

"Jadi, saya minta supaya diluruskan dan kalau ada sopir yang mengaku dimintai uang, tolong siapa namanya bisa dipertemukan kepada kami," ujarnya.

Suriyanto menambahkan, saat itu anggota sedang melakukan pengaturan lalu lintas.

Sementara itu, Kapolres Palopo AKBP Muhammad Yusuf Usman mengatakan, akan menindak anggotanya jika peristiwa pemerasan itu benar terjadi.

"Jika ada oknum yang melakukan hal demikian, pasti kami tindak tegas," kata Yusuf, saat dikonfirmasi, pada Jumat (8/7/2022).

 

(Penulis : Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir | Editor : Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/09/125547778/heboh-video-oknum-polantas-di-palopo-diduga-lakukan-pungli-kasatlantas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke