Salin Artikel

Hujan Seharian, 13 Rumah Warga di Ambon Rusak akibat Tertimpa Longsor

AMBON, KOMPAS.com - Hujan deras sepanjang hari yang mengguyur Kota Ambon, Maluku, Jumat (8/7/2022), tidak hanya menyebabkan terjadinya musibah banjir, tetapi juga tanah longsor. Insiden tanah longsor itu terjadi di sejumlah tempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon mencatat, ada sebanyak 13 titik longsor yang tersebar di Kota Ambon akibat hujan deras.

“Selain banjir hujan deras sepanjang hari ini juga menyebabkan longsor di 13 titik di Ambon,” kata Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Paays kepada Kompas.com, Jumat malam.

Musibah longsor di Kota Ambon itu tersebar mulai dari Desa Hunuth, Passo, Batu Meja, Tantui, Batu Merah dan sejumlah kawasan lainnya.

“Ada 13 rumah warga yang rusak akibat musibah longsor ini,” katanya.

Selain longsor, hujan deras juga menyebabkan terjadinya pohon tumbang di kawasan Halong, Kecamatan Baguala dan di Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe.

Pohon tumbang yang terjadi di kawasan Halong menyebabkan arus lalu lintas lumpuh lantaran pohon tumbang menutupi badan jalan.

Arus lalu lintas di kawasan itu baru kembali normal setelah petugas membersihkan bangkai pohon yang menutup badan jalan.

Sedangkan, pohon tumbang di Amahusu menimpa sebuah bangunan sekolah dasar (SD) di kawasan tersebut.

“Selain itu sebuah talud penahan air sungai di Desa Hunuth juga patah,” katanya.

Hingga Jumat malam, hujan deras masih terus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya.

Terkait musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi, petugas BPBD telah dikerahkan ke lokasi bencana untuk memantau dan menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada warga yang menjadi korban.

“Petugas kami telah mendatangi lokasi-lokasi bencana dan juga telah menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada warga yang menjadi korban,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/08/190649778/hujan-seharian-13-rumah-warga-di-ambon-rusak-akibat-tertimpa-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke