Salin Artikel

Hari ke-4 Pencarian Longboat Bermuatan 4 Penumpang yang Hilang di Perairan Raja Ampat Masih Nihil

SORONG, KOMPAS.com - Upaya pencarian terhadap longboat bermuatan empat penumpang yang hilang di perairan antara Pulau Boni dan Pulau Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, belum membuahkan hasil.

Hingga pencarian hari keempat, Kamis (7/7/2022), tim SAR gabungan belum menemukan keberadaan kapal tersebut.

"Sampai siang ini hasilnya masih nihil. Jadi memang belum ada perkembangan hari keempat ditambah dengan kejadian pada tanggal 29 Juni 2022, sudah bertambah sekitar sembilan hari," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong, Amirudin A.S saat dihubungi, Kamis.

"Kemungkinan, korban sudah masuk ke wilayah Ternate, tetapi kita tetap akan melakukan operasi pencarian dan kita yakin mudah-mudahan korban terdampar di beberapa pulau di Perairan Raja Ampat," jelas Amirudin.

Amirudin mengatakan, selama empat hari pencarian, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Pos Raja Ampat bersama Polair Polres Raja Ampat dan pihak keluarga masih menyisir sejumlah pulau di sekitar perairan Raja Ampat. Seperti, Pulau Gebe Maluku Utara dan Pulau Gag Kabupaten Raja Ampat.

Amirudin menyebut, sempat ada kabar bahwa empat penumpang longboat yang hilang, terdampar di Pulau Gebe Maluku Utara dalam keadaan selamat. Namun, setelah dicek hasilnya nihil.

"Sore ini kami akan melakukan evaluasi lagi hasil kegiatan operasi pencarian selama empat hari ini bersama tim SAR gabungan. Apakah kami melanjutkan dengan operasi pencarian pergerakan laut atau kita cuma operasi SAR dengan melaksanakan maklumat pelayaran kepada navigasi untuk mewakilkan kepada kapal-kapal yang melintas," ujar Amirudin.

Amirudin menambahkan, kendala dalam proses pencarian akibat cuaca buruk di samudra pasifik, tepatnya di Perairan Raja Ampat bagian utara. Ketinggian gelombang di wilayah itu mencapai 1 meter disertai angin dan hujan. Hal itu menghambat tim SAR gabungan untuk melakukan pemantauan.

Diketahui, sebuah longboat bermuatan empat penumpang dilaporkan hilang di perairan antara Pulau Boni dan Pulau Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Insiden kecelakaan air itu terjadi pada Rabu, 29 Juni 2022, pukul 10.00 WIT. Namun, pihak keluarga baru melaporkan kejadian itu pada hari ini, Senin (4/7/2022) pukul 17.00 WIT.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/155412578/hari-ke-4-pencarian-longboat-bermuatan-4-penumpang-yang-hilang-di-perairan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke