Salin Artikel

Pengakuan Porter Bandara yang Bobol Koper Dewi Persik: Sudah Sering Pak, Saya Saja yang Ketahuan, di Dalam Masih Banyak

KOMPAS.com - RS (25), porter yang membobol koper milik artis sekaligus pedangdut Dewi Persik mengaku sudah sering melakukan aksinya.

Diketahui, RS membobol koper Dewi Persik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada 18 Juni 2022 lalu.

Saat itu Dewi Persik menghadiri undangan manggung di salah satu acara partai politik di Balikpapan pada Sabtu (18/6/2022).

Usai konser, Dewi Persik pulang ke Jakarta menggunakan maskapai Batik Air, sementara timnya menggunakan Lion Air dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Sementara, koper baru ketahuan dibobol saat Dewi Persik sampai di rumahnya. Atas kejadian itu, Dewi Persik mengalami kerugian hingga Rp 100 juta.

Kepada polisi, RS mengaku melakukan aksinya dari seniornya di tempatnya bekerka sebagai porter salah satu maskapai di bandara.

“Sudah sering Pak, belajarnya sama senior,” kata RS saat press rilis di Mapolresta Balikpapan pada Rabu (6/7/2022).


Kata RS, barang hasil curian yang dilakukan di bandara akan dibagi rata kepada teman-teman yang lain. Diduga tindak kejahatan ini juga diketahui oleh oknum-oknum lain.

“Rencananya dibagi rata,” ujarnya.

RS mengaku sudah beberapa kali melakukan aksinya. Namun, setelah membobol koper milik Dewi Persik ia pun ditangkap polisi.

Setelah dirinya ditangkap, RS menyebut masih banyak pelaku lain di Bandara.

“Saya sudah beberapa kali ngambil. Cuma saya aja yang kebetulan ketahuan. Sementara ini di dalam itu masih banyak yang melakukan,” ungkap RS sembari digiring menuju sel Mapolresta Balikpapan.

Kronologi kejadian

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro mengatakan, terbongkarnya kasus ini setelah adanya laporan dari asisten Dewi Persik di Bandara Soekarno Hatta pada tangga 2 Juli 2022 lalu.

Mendapat laporan itu, sambungnya, Satreskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta melakukan pengembangan di Balikpapan dan di-backup Jatanras Polda Kaltim.


Setelah melakukan penyelidikan dan penyidikan serta keterangan saksi, polisi akhirnya menangkap pelaku berinisial RS, Minggu (3/7/2022).

“Modusnya pada saat korban menaiki salah satu maskapai ini, kemudian memasukkan koper ini di bagasi, porter ini membuka kunci dari koper itu secara acak dan menggeledah barang yang ada di dalam lalu diamankan barang perhiasan emas ini,” kata Rengga, saat jumpa pers, Rabu.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua kalung berantai emas, satu emas batangan bertuliskan Dewi Perssik, satu koper warna hijau tosca dan kotak perhiasan.

“Korban mengalami kerugian sekitar Rp 100 juta. Dari keterangan pelaku, dia beraksi sendiri, tapi masih kami lakukan pengembangan lebih lanjut,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku kini dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana diatas 5 tahun penjara.

 

(Penulis : Kontributor Balikpapan, Ahmad Riyadi | Editor : Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/07/122244678/pengakuan-porter-bandara-yang-bobol-koper-dewi-persik-sudah-sering-pak-saya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke