Salin Artikel

Pipa dan Bak Penampungan Rusak Diterjang Banjir, Ribuan Warga di Nagekeo NTT Konsumsi Air Asin

Akibatnya, ribuan warga masih kesulitan air bersih.

Siti Maimunah, warga Desa Podenura menuturkan, sejak beberapa hari lalu, warga terpaksa minum air hujan dan air sumur karena sistem penyediaan air minum (SPAM) rusak diterjang banjir pada pekan lalu.

"Sementara waktu kami hanya bisa mengonsumsi air hujan serta air sumur yang agak terasa asin," tutur Siti saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, sebagian besar warga terpaksa harus mengambil air ke sumbernya yang berjarak 2 kilometer dari perkampungan.

Kepala Desa Podenura Anselmus Nuwa mengungkapkan, total warga yang kesulitan air bersih mencapai 1.500 jiwa. Sumber air yang dialirkan ke pemukiman warga itu dari Dowo Ae Petu.

"Dari desa dengan kondisi jalan menuju mata air sangat sulit. Tetapi, warga terpaksa tempuh demi mendapatkan air minum bersih," kata Anselmus.

Pihaknya pun mengaku kesulitan untuk memperbaiki karena sebagian perpipaan hanyut terbawa banjir dan terkubur material longsor.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/06/125605378/pipa-dan-bak-penampungan-rusak-diterjang-banjir-ribuan-warga-di-nagekeo-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke