Salin Artikel

Gelar Latihan Perang di Selat Riau, TNI AL Ledakkan Ranjau Laut

Bahan peledak tersebut ditemukan oleh Tim Satgas Peperangan Ranjau yang melaksanakan teknik Pemburuan dan Penyapuan ranjau laut dengan cara diledakkan di bawah air.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini dan saat ini kondisi selat Riau tetap stabil dan dinyatakan aman.

Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmada I selaku Komandan Satuan Tugas Ranjau (Dansatgasran) Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin mengatakan, telah menyelesaikan Latihan Peperangan Ranjau Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan secara periodik setiap satu tahun sekali oleh Koarmada I.

“Hal ini merupakan salah satu bagian skenario Latihan Peperangan Ranjau yang dilaksanakan prajurit gabungan dari beberapa satuan TNI AL di bawah jajaran Koarmada I,” kata Ashari melalui keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, latihan yang dilaksanakan oleh Koarmada I ini berdasarkan direktif latihan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Latihan Peperangan Ranjau ini dilakukan secara dua tahap, yakni Tahap Gladi Pokso yang dilaksanakan selama enam hari di Pangkalan TNI AL Tanjung Uban serta dan gladi lapangan dilaksanakan selama tiga hari di Perairan Selat Riau.

"Saat ini dihari ketiga kami sedang melaksakanan gladi lapangan dan berhasil menemukan lima buah ranjau laut, diantaranya tiga buah Ranjau Tanduk atau Ranjau Jangkar dan dua buah ranjau dasar," terang Ashari.

Atas penemuan ranjau tersebut kemudian dilaksanakan tahap pendeteksian menggunakan Side Scan Sonar serta Magneto Meter.

"Seluruh ranjau berhasil ditemukan dan diledakkan oleh tim demolisi yang berada dibawah Satuan Kapal Ranjau," papar Ashari.

Menurutnya, latihan Peperangan Ranjau laut ini suatu keharusan yang harus dilakukan dalam upaya membina kemampuan dan profesionalisme prajurit dan kesiapansiagaan alutsista TNI AL.

"Latihan ini bertujuan mengasah dan mengukur tingkat kemampuan personel yang mumpuni dalam peperangan ranjau," kata Ashari mengakhiri.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/06/105448878/gelar-latihan-perang-di-selat-riau-tni-al-ledakkan-ranjau-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke