Salin Artikel

Status Pencarian Berubah Proses Evakuasi, Titik Koordinat Pelari Asal Jakarta Ditemukan

KOMPAS.com - Update terkini keberadaan pelari lintas alam Mantra Summits Challenge 2022, Yurbianto Basri (46) hilang di kawasan Gunung Arjuno, Jawa Timur menemukan titik terang, Selasa (5/7/2022).

Tim sar gabungan menemukan titik koordinat lokasi pria asal Jakarta Utara itu melalui pesan yang dikirimkannya ke salah satu teman bernama Mario.

Seiring dengan dipastikannya lokasi korban, Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Timur mengubah status pencarian menjadi proses evakuasi.

"Fokusnya pada titik koordinat yang dikirimkan Yurbianto," ujarnya.

Tidak hanya itu, korban juga mengirim foto terbaru mengenai kondisinya selama hilang di hutan.

Kepala Seksi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Timur, Haris Supardi mengatakan, korban berkomunikasi dengan Mario pada Selasa (5/7/2022) siang dan mengirim titik koordinat 7°47'10.68"S 112°36'8.34"E.

"Mario kemudian komunikasi ke posko pendakian Gunung Arjuno, menunjukkan titik koordinat korban," ungkapnya saat ditemui di Pos Pendakian Gunung Arjuno, Selasa malam.

Berdasarkan komunikasi antara korban dan temannya itu, kondisi korban dipastikan dalam keadaan sehat meski lemas dan mengalami sejumlah luka di telapak tangannya.

"Kondisinya sehat meski agak lemas sekaligus tangannya mengalami luka gores. Hal ini terlihat pada foto yang dikirim korban," jelasnya.

Hingga sore tadi, tim gabungan bergerak menuju posko pendakian Gunung Arjuno via Lawang menuju titik koordinat, pukul 16.30 WIB.

"Tim gabungan yang kami kerahkan dalam pencarian ini kita bagi menjadi 6 SRU, sejak pagi tadi. Dua tim di antaranya fokus bergerak menuju lokasi koordinat tersebut," katanya.

Kesulitan juga sempat dialami tim gabungan untuk menuju titik lokasi koordinat karena medan yang berat dan cuaca hujan lebat.

"Kendalanya kontur tanah akibat hujan, sehingga membuat akses jalan menuju lokasi semakin sulit. Sebab, titik koordinat korban juga berada di luar trek. Sehingga bisa saja tim kami masih perlu buka akses jalan baru," ujarnya.

Haris memperkirakan, jarak tempuh untuk sampai ke koordinat korban dibutuhkan waktu selama 6 jam sekali jalan. Artinya pulang-pergi sekitar 12 jam.

"Semoga korban tidak bergeser dari titik koordinat sebelum bertemu tim kami. Sehingga bisa segera dievakuasi dengan selamat. Tapi kami sudah memberikan pengarahan agar menstabilkan korban, dengan perbekalan logistik," pungkas Haris.

Sebelumnya, diberitakan Yurbianto Basri (46), warga Jakarta Utara dilaporkan hilang di Gunung Arjuno, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Minggu (3/7/2022) malam.

Ia merupakan peserta lari lintas alam Mantra Summits Challenge 2022 yang digelar oleh Malang Trail Runners.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kabupaten Malang, Imron Hakiki | Editor Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/223441478/status-pencarian-berubah-proses-evakuasi-titik-koordinat-pelari-asal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke