Salin Artikel

BIN Yogyakarta Ikut Turun Tangan Selesaikan Kerusuhan di Babarsari

KOMPAS.com - Kerusuhan massa di Babarsari, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakibatkan korban, dan sejumlah fasilitas rusak, Sabtu (02/5/2022) dini hari.

Pemicu keributan ini adanya kericuhan di salah satu karoke di daerah Babarsari. Akibatnya, 5 ruko dan 6 motor hangus terbakar.

Untuk meredam kericuhan, kepolisian hingga Sri Sultan Hamengkubuwono X menjadi mediator untuk mendamaikan kedua pihak yang bentrok.

Tidak hanya itu, Badan Intelejen Negara (BIN) DI Yogyakarta juga ikut dilibatkan untuk menyelesaikan kerusuhan massa ini.

Dilansir dari Tribunnews, Kepala BIN DI Yogyakarta Brigjen Pol Andry Wibowo mengungkap sudah bertemu dengan jumlah tokoh untuk penyelesaian kerusuhan yang melibatkan kelompok massa.

Namun menurutnya, mitigasi keselamatan korban juga penting diperhatikan pemerintah dengan menanggung biaya perawatan korban di rumah sakit.

"Apa itu mitigasi kesehatan yaitu korban harus mendapat perawatan dan semua biaya ditanggung pemerintah," tuturnya.

Selanjutnya, Andry juga meminta agar kelompok yang terlibat dapat menurunkan intensitas konflik hingga rukun kembali.

"Di sini pendekatan sosial menjadi penting, dekati kelompok yang bertikai, diajak ngobrol, sambil berproses hingga semua bisa hidup rukun," katanya.

Meski demikian, proses hukum terhadap pelaku yang menjadi aktor dalam keributan tersebut akan terus diproses secara hukum.

Andry bepesan agar masyakarat dapat menjaga kerukunan warga hingga terapkan sanksi sosial agar ikut menjaga toleransi dan nilai sejarah DI Yogyakarta.

"Yogya harus jadi daerah toleran, ini kota sejarah lahirnya bangsa dan nilai historis Yogyakarta harus dijaga, menjaga kemerdekaan, kita semua harus ambil bagian," tegasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor Khairina), Tribunnews

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/203944278/bin-yogyakarta-ikut-turun-tangan-selesaikan-kerusuhan-di-babarsari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke