Salin Artikel

Gudang Logistik Perusahan di Pulau Seram Terbakar, Kerugian Diperkirakan Rp 4 Miliar

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah gudang logistik dan basecamp karyawan milik PT Abdi Sarana Nusa yang berlokasi di Desa Anglas, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, hangus terbakar, Selasa (5/7/2022).

Kebakaran yang terjadi pada pukul 07.30 WIT itu menyebabkan 10 buah kontainer berisi onderdil alat berat kendaraan milik perusahan terbakar. Kebakaran juga menghanguskan camp karyawan berserta barang-barang mereka.

Api dengan cepat membakar gedung logistik lantaran bangunan tersebut terbuat dari bahan yang mudah terbakar.

Sunardi, seorang karyawan PT Abdi Sarana Nusa menjelaskan, kebakaran itu terjadi saat seluruh karyawan telah pergi bekerja dan meninggalkan gudang logistik dalam keadaan kosong.

“Jam 7 pagi itu semua karyawan sudah keluar untuk pergi bekerja dan sekitar pukul 07.30 WIT, kita melihat di sekitar camp ada asap hitam membumbung tinggi ke udara,” kata Sunardi kepada wartawan, Selasa.

Ia mengaku, saat itu sejumlah karyawan yang mengetahui camp dan gudang logistik telah terbakar, langsung berlari ke lokasi kebakaran untuk menyemalamtakn barang-barang mereka, sayangnya kebakaran semakin membesar.

“Saya menuju camp untuk menyelamatkan barang milik karyawan namun hanya satu buah tas ransel kecil yang dapat saya selamatkan,” ujanrya.

Saat kebakaran terjadi, aparat Polres Seram Bagian Timur mengerahkan satu unit mobil water cannon untuk membantu memadamkan korbaran api. Sayang, kebakaran itu sulit dipadamkan karena api telah merembet ke seluruh bangunan sebelum bantuan tiba.

Satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT Citic Seram Ltd juga ikut dikerahkan ke lokasi kebakaran. Namun, mobil itu baru tiba pada pukul 9.50 WIT atau sekitar dua jam setelah kebakaran terjadi.

Polisi yang mendatangi lokasi kejadian kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

Berdasarkan hasil olah TKP, polisi menduga kebakaran tersebut dipicu oleh adanya arus pendek di dalam gudang logistik.

“Kebakaran yang terjadi di PT Abdi Sarana Nusa diduga berasal dari adanya arus pendek dari camp yang terletak di atas kontainer,” kata Paur Subbag Humas Polres Seram Bagian Timur, Bripka Swandi Sobo.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kebakaran itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp 3 sampai Rp 4 miliar,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/190423078/gudang-logistik-perusahan-di-pulau-seram-terbakar-kerugian-diperkirakan-rp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke