Salin Artikel

Hujan Deras Guyur Kota Ambon, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Kendaraan

Peristiwa pohon tumbang itu terjadi di kawasan Poka, Kecamatan Teluk Ambon, kawasan Passo dan Air Besar, Kecamatan Baguala, tanjakan 2000 Desa Batu Merah, dan di beberapa lokasi lainnya.

Di sejumlah lokasi, pohon tumbang menutupi jalan sehingga mengganggu lalu lintas.

Selain menutup badan jalan, pohon tumbang juga menyebabkan sebuah rumah warga di kawasan Gunung Malintang, Kecamatan Sirimau, rusak tertimpa pohon tumbang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di kawasan Poka Ambon, sebuah pohon di depan Universitas Pattimura tumbang dan membuat lalu lintas terganggu sekitar dua jam.

Jalan tersebut merupakan salah satu akses utama yang menghubungkan pusat Kota Ambon dengan Bandara Internasional Pattimura di kawasan Laha.

Kawasan itu baru bisa dilewati kendaraan setelah petugas dari BPBD dan pemadam kebakaran turun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi batang pohon.

Pohon tumbang di kawasan itu juga menyebabkan sebuah mobil pribadi yang sedang melintas di kawasan itu rusak. Selain itu, sebuah sepeda motor tertimpa pohon tumbang di kawasan Air Besar.

“Tadi juga ada satu pengendara motor yang tertimpa pohon,” kata salah seorang warga Air Besar, Rudi, kepada Kompas.com via pesan instan.  

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon masih berada di sejumlah lokasi bencana untuk melakukan penanganan.

Kepala BPBD Kota Ambon Demmy Paays mengatakan, belum ada laporan korban jiwa atau luka dalam insiden itu.

“Betul ada kejadian pohon tumbang di beberapa lokasi termasuk di Poka juga tapi soal ada korban atau tidak tim masih di lapangan,” kata Demmy Paays kepada Kompas.com.

Hujan deras mengguyur Kota Ambon sejak Selasa dini hari hingga siang. Selain menimbulkan pohon tumbang, hujan deras menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik.

Terkait cuaca buruk yang terjadi di Ambon itu, BPBD meminta warga agar lebih waspada lagi.

“Kami minta warga agar lebih waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini,” kata Demmy. 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/155102878/hujan-deras-guyur-kota-ambon-sejumlah-pohon-tumbang-timpa-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke