Salin Artikel

Kebakaran RS Siloam Sriwijaya Palembang, Tim Labfor Polda Sumsel Lakukan Olah TKP

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tim laboratorium forensik (Labfor) Polda Sumatera Selatan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lantai dua Rumah Sakit (RS) Siloam Sriwijaya usai insiden kebakaran yang terjadi pada Senin (4/7/2022) malam.

Olah TKP sejak Selasa (5/7/2022) pagi itu dilakukan oleh polisi dengan menelusuri seluruh ruangan yang terbakar. Satu demi satu ruangan yang sudah dipasang garis polisisi tersebut diamati oleh petugas secara seksama.

Sejak dipasang garis polisi, ruangan yang diduga menjadi sumber kebakaran itu dilarang dilintasi.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokahmad Ngajib mengatakan, olah TKP oleh tim Labfor itu dilakukan untuk mencari penyebab terbakarnya ruang rawat jalan lantai dua rumah sakit.

Ngajib enggan berspekulasi bahwa penyebab kebakaran itu akibat dari pemadaman listrik di Sumbagsel, yakni Sumsel, Jambi, dan Bangka Belitung pada Senin (4/7/2022) malam pukul 18.31 WIB.

Untuk diketahui, pemadaman listrik di Sumatera Senin malam dikarenakan Saluran Udaraa Tegangan Tinggi (SUUT) yang berada di Bukati Asam, kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengalami kerusakan.

“Apakah dari kabel atai dari mana, kami masih menunggu hasil penyelidikan dari tim forensik,” kata Ngajib.

Menurut Ngajib, ketika api muncul dari lantai dua rumah sakit, seluruh pasien yang berada di ruang rawat inap serta ICU dievakuasi keluar dan menjalani perawatan sementara di halaman parkir.

Setelah api padam dan dipastikan aman, pasien itu kemudian kembali masuk ke ruangan rumah sakit untuk menjalani perawatan.

“Korban jiwa tidak ada, karena seluruhnya sudah dievakuasi saat kejadian," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Bona Fernando mengatakan, sebelum kejadian berlangsung pada Senin (4/7/2022) sempat terjadi pemadaman arus listrik.

Sehingga, ruangan lantai 2 yang menjadi Poli rawat jalan tersebut ditutup. Namun, salah seorang perawat yang melintas melihat adanya api yang muncul dari salah satu ruangan.

Perawat itu langsung mengaktifkan kode red emergency dan seluruh pasien dievakuasi ke luar rumah sakit.

"Kalau akibat genset sepertinya tidak, karena lokasi genset ada di lantai 9. Dugaannya konsleting listrik dari kabal atau dari salah satu alat medis," kata Bona, Selasa (5/7/2022).

Bona menjelaskan, setelah api muncul seluruh pasien pun dikeluarkan dari rumah sakit. Tak terkecuali pasien yang sedang dalam kondisi kritis di ruang ICU.

"Yang diutamakan dievakuasi pasien di ICU dan NICu. Pasien dibawa keluar lalu distabilkan baru kemudian kembali masuk ruanf emergency setelah api padam," ujar Bona.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/05/151348878/kebakaran-rs-siloam-sriwijaya-palembang-tim-labfor-polda-sumsel-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke