Salin Artikel

Listrik di 3 Provinsi Sumbagsel Padam, Penumpang LRT Palembang Dievakuasi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemadaman listrik yang terjadi di tiga Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menyebabkan operasional Ligth Rail Transit (LRT) di Palembang, terganggu.

Seluruh penumpang LRT yang menggunakan transportasi tersebut terpaksa terhenti di tengah jalan.

Akibat kejadian tersebut, para penumpang pun dievakuasi dengan menggunakan jalur walkway.

Video warga berjalan di atas jalur evakuasi LRT Palembang itupun menyebar di berbagai grup whatsapp dan menjadi perbincangan.

"Adanya pemadaman listrik di Palembang karena ada gangguan gardu induk PLN dari sore tadi ikut berdampak dengan beberapa perjalanan LRT Sumsel, karena third rail off dampak dari pemadaman listrik tersebut. Penumpang yang masih dalam perjalanan LRT tidak dapat melanjutkan perjalanannya dan dievakuasi melalui walkway," kata Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Aida menjelaskan, sebelum evakuasi berlangsung, para petugas LRT telah memastikan jalur aman sehingga bisa dilalui para penumpang.

"Ada petugas kami yang memandu proses tersebut," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, PT KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang karena perjalanannya menggunakan transportasi LRT terganggu.

Mereka berharap agar pihak PLN segera memperbaiki permasalahan gardu induk yang meledak.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini karena dampak dari pemadaman listrik yang terjadi dari sore tadi membuat beberapa perjalanan LRT Sumsel tidak dapat dilanjutkan. Kita berharap perbaikan gardu induk PLN dapat segera diselesaikan sehingga perjalanan LRT Sumsel dapat kembali normal," beber dia.

Diberitakan sebelumnya, Saluran Utama Tegangan Menengah (SUTM) (sebelumnya ditulis Gardu induk penghantar) 150KV yang berada di Bukit Asam, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengalami kerusakan, pada pukul 18.31 WIB, Senin (4/7/2022).

Akibatnya, tiga provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni Sumsel, Bangka Belitung (Babel), dan Jambi menjadi padam.

Humas PLN wilayah WS2JB Sumbagsel, Sendy Rudianto mengatakan, mereka saat ini masih melakukan perbaikan terhadap gardu induk yang rusak di kawasan Bukit Asam.

"Penyebabnya (kerusakan) masih kami dalam. Tapi yan pasti lampu padam memang karena ada kerusakan di Bukit Asam. Sekarang sudah dilakukan perbaikan, mungkin sebentar lagi hidup. Sedang tahap penormalan," kata Sendy, melalui sambungan telepon.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/223703978/listrik-di-3-provinsi-sumbagsel-padam-penumpang-lrt-palembang-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke