Salin Artikel

Kronologi Peserta Mantra Summer Challange Hilang di Gunung Arjuno, Tim SAR Temukan Tanda "SOS"

KOMPAS.com - Seorang atlet pelari trail run, Yurbianto Basri (46), hilang di Gunung Arjuno saat menjadi peserta event Mantra Summit Challange 116 km, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (3/7/2022) malam.

Atlet pelari ini adalah warga Jalan Pemandangan 2 Jakarta Utara.

"Korban bukan warga, tapi peserta maraton Gunung Arjuno," ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan melalui pesan singkat, Senin (4/7/2022).

Kronologi kejadian

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi menyebut, Yurbianto tercatat sebagai peserta di kategori 116 kilometer dengan total elevasi 8.050 meter.

"Kejadiannya sekitar jam 21.00 WIB," jelasnya melalui pesan singkat, Senin.

Dilansir dari Tribunnews, lokasi keberadaan Yurbianto Basri tidak diketahui setelah melewati pos Puncak Arjuno, Sabtu (2/7/2022) pukul 19.00 WIB.

Sementara itu, peserta seharusnya melanjutkan rute menuju ke pos WS Budug Asu dengan jalur pendakian menurun ke arah Mahapena.

Namun panitia tidak melihat peserte nomor 18 itu di pos Budug Asu ataupun pos WS Wonorjeo pada jam yang seharusnya di pos sudah selesai dilewati.

Tim Sweeper yang bertugas menyisir jalur Arjuno-Budug Asu hingga Mahapena dan Savana, namun tidak menemukan sepanjang jalur hingga pukul 21.00 WIB.

Hingga pada Minggu, (3/7/2022), semua peserta tiba di finish line kecuali peserta nomor 18.

Tim SAR temukan tanda "SOS"

Tim Taman Hutan Raya (Tahura), panitia dan Basarnas masih mencari korban dengan dibagi menjadi 3 Search and Rescue Unit (SRU).

"Sementara saat ini masih terbentuk 2 SRU. Proses pencarian dilakukan dari jalur Lawang dan Batu dengan Posko Ops SAR berada di Pos Pendakian Gunung Arjuno via Lawang," jelasnya.

Informasi terbaru, tim pencari menemukan tanda SOS yang diduga dari korban, tepat di atas pos 4 pendakian Gunung Arjuno via Lawang, di kawasan Alas Lali Jiwo.

"Lokasinya sekitar 500 meter di atas pos 4 pendakian gunung Arjuno," ungkap Kasi Perlindungan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ajat Sudrajat saat ditemui, Senin (4/7/2022).

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Kabupaten Malang, Imron Hakiki | Editor Priska Sari Pratiwi), Tribunnews

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/210907178/kronologi-peserta-mantra-summer-challange-hilang-di-gunung-arjuno-tim-sar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke