Salin Artikel

Kemenag: Dipastikan PT Alfatih Indonesia Travel Gunakan Alamat Palsu

Ke-46 calon haji tersebut dideportasi karena masalah visa lantaran travel yang digunakan tidak memiliki izin resmi penyelenggaraan haji.

Informasi awal, PT Alfatih Indonesia Travel beralamat di Jalan Panorama 1 Nomor 37, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tidak menunggu lama, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag KBB, Didin Saepudin langsung mendatangi lokasi yang dicantumkan PT Alfatih Indonesia Travel sebagai kantornya.

Sesampainya di lokasi, Didin tidak menemukan bangunan atau kantor perusahaan travel haji tersebut. Ia hanya mendapatkan sebuah penginapan bernama Cahya Panorama.

"Atas dasar perintah dari pimpinan menelusuri ke lokasi sebagaimana treking dari Google Maps kenyataannya memang di sini tidak ada yang namanya PT Alfatih Indonesia Travel, yang ada hanya penginapan," ungkap Didin seusai penelusuran di Lembang, Senin (4/7/2022).

Tak cukup di situ, Kemenag juga menyusuri sepanjang Jalan Panorama Lembang untuk mengumpulkan informasi mengenai perusahaan travel penyelenggara haji dimaksud.

Namun dari informasi warga sekitar, di wilayah itu tidak pernah berdiri atau ada aktivitas perusahaan bernama PT Alfatih Indonesia Travel sejak puluhan tahun lalu.

"Di sampingnya yang diperkirakan nomor 37 itu juga rumah kosong. Ke sananya juga penginapan dan juga kemudian ada lembaga pemerintah, itu pun nomor 1. Jadi dipastikan PT Alfatih Indonesia Travel itu memang memasukkan alamat palsu," paparnya.

Sementara itu, Pengelola Penginapan Cahya Panorama, Fauzi mengaku merasa dirugikan atas pencatutan alamat oleh perusahaan travel haji tersebut.

"Setau saya tidak pernah ada PT Alfatih Indonesia Travel di sini. Saya kerja di sini sejak 2017, di sini ya penginapan tidak pernah berganti jadi perusahaan travel," kata Fauzi.

Fauzi mengatakan, penomoran rumah di Jalan Panorama ini tidak berurutan seperti penomoran permukiman pada umumnya. Maka dari itu, warga cukup sulit jika ada yang mencari alamat di wilayah ini.

"Dari pihak RT sendiri juga sudah memastikan di deretan bangunan ini tidak ada bangunan nomor 37. Di samping bangunan ini rumah kosong tapi nomornya 27 bukan 37," sebutnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/191346678/kemenag-dipastikan-pt-alfatih-indonesia-travel-gunakan-alamat-palsu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke