Salin Artikel

Cegah Kerumunan, Gibran Sarankan Panitia Kirim Daging Kurban Langsung ke Rumah Warga

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mempersilakan warga Solo melaksanakan shalat Idul Adha di masjid maupun tanah lapang serta di jalan.

Hal tersebut disampaikannya seusai mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Satuan Tugas Covid-19 di Solo, Jawa Tengah, Senin (4/7/2022).

Menurut dia, akan ada beberapa jalan di Solo ditutup untuk pelaksanaan shalat Idul Adha pada Minggu (10/7/2022).

"Shalat di lapangan boleh, di jalan boleh. Ada beberapa jalan yang ditutup. Di masjid juga boleh, monggo silakan," kata Gibran.

Mengenai hewan kurban yang disembelih, putra sulung Presiden Jokowi menyarankan supaya dagingnya dikirim ke rumah masing-masing warga melalui panitia atau petugas.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dalam pembagian hewan kurban tersebut tidak ada kerumunan warga karena masih pandemi Covid-19.

"Jadi tidak usah mengumpul semua di masjid. Dikirim ke rumah saja dan tidak ada kerumunan," terangnya.

Terkait maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK), pihaknya sudah meminta dinas terkait untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.

Pemeriksaan dilaksanakan baik di tempat penjualan hewan kurban maupun di tempat pemotongan hewan kurban.

"Dari DPKPP sudah mengantisipasi PMK. Pokoknya yang masuk Solo aman," terang Gibran.

Sebelumnya, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DPKPP) Solo, Jawa Tengah melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat penjualan Kawasan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Senin (4/7/2022).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut dilakukan sebagai antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) menjalang Hari Raya Idul Adha.

Sekretaris DPKPP Solo Evi Wulandari mengatakan, ada ratusan hewan kurban yang diperiksa di tempat penjualan tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan semua hewan kurban dalam kondisi sehat.

"Di tempat penjualan di Mojosongo Alhamdulillah semuanya sehat," kata Evi di sela-sela pemeriksaan hewan kurban di Mojosongo, Jebres, Solo, Senin.

Karena kondisinya sehat, pihaknya memberikan surat keterangan sehat kepada penjual hewan kurban.

"Kita selalu memberikan surat keterangan hasil pemeriksaan hewan tersebut. Surat ini bisa untuk di tempat penjualan, maupun nanti di tempat pemotongan," kata dia.

Evi menambahkan pihaknya telah menyiapkan 60 personel yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penjualan di lima kecamatan.

Pemeriksaan ini meliputi tempat penjualan dan tempat penampungan seperti di masjid atau tempat yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Kemudian pemeriksaan akan dilakukan pada hari H penyembelihan kurban. Para petugas akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang masih hidup maupun daging dari hewan kurban yang telah disembelih.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/182217078/cegah-kerumunan-gibran-sarankan-panitia-kirim-daging-kurban-langsung-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke