Salin Artikel

Bungker Misterius Ditemukan di Kota Semarang, Ternyata Ada Kaitannya dengan Penjajahan Jepang

Keberadaan bungker ini belum banyak diketahui warga. Pasalnya, bungker tersebut dibangun untuk menghindari tentara Kekaisaran Jepang ke Jawa waktu itu.

Meski sudah tak bisa digunakan, bungker tersebut masih bisa dilihat dari luar. Bungker yang berada di dekat Kampung Batik itu mempunyai dua pintu besi.

Saat ini bungker tersebut dipenuhi dengan air dan lumpur. Hal itu disebabkan kawasan MT Haryono sering terjadi banjir ketika memasuki musim hujan.

Pemerhati Sejarah Kota Semarang, Johanes Christanto mengatakan, bungker tersebut merupakan milik dari Liem Giok Soen seorang keturunan Tionghoa.

"Dia mempunyai bisnis sigaret atau kertas rokok yang cukup terkenal," jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (4/72022).

Dia memperkirakan, bungker tersebut dibangun oleh Liem pada tahun 1941 untuk persembunyian ketika tentara Jepang tiba di Kota Semarang.

Di dalam bungker tersebut terdapat beberapa fasilitas seperti dua kamar untuk istirahat dan cerobong untuk sirkulasi udara ruangan di dalam bungker.

Menurutnya, bungker itu berada di depan rumah Liem, tepat di halaman yang cukup luas. Letak bungker tersebut juga diimpit oleh beberapa tumbuhan.

"Liem ini pengusaha yang cukup sukses tapi tidak sebesar Oei Tiong Ham (Raja Gula)," kata dia.

Menurutnya, nama perusahaan Liem juga singkatan dari nama panjangnya Liem Giok Soen (LGS). Ulasan tentang Liem memang jarang ditemui di buku-buku sejarah.

"Saya taunya malah dari beberapa majalah lama," jelas Johanes.

Data yang dia dapatkan, Liem merupakan pengusaha yang dermawan. Selain suka menyumbang pendirian sekolah, Liem juga sering menyumbang untuk perbaikan kelenteng.

"Perusahaan Liem runtum karena persoalan manajemen," ungkapnya.

Terkait luas bungker tersebut diperkirakan 15x6 meter. Namun, dia menyanyangkan karena bungker tersebut saat ini tak bisa digunakan.

"Sekarang tak bisa dimasuki karena tergenang air. Daerah situ kalau rob kena lumpur," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/04/161656078/bungker-misterius-ditemukan-di-kota-semarang-ternyata-ada-kaitannya-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke