Salin Artikel

KM Setia Makmur Tenggelam di Laut Arafura, 15 ABK Hilang

Kepala SAR Merauke Supriyanto Ridwan mengungkapkan, kapal dilaporkan tenggelam pada Sabtu (2/7/2022) malam dengan koordinat 08°.28’.00’’ S - 136°.35’.00’’ E atau berjarak 426 kilometer ke arah barat dari dermaga Merauke.

Dikutip dari Antara, kejadian tersebut dilaporkan kapal nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian ke pengurus kapal yang berada di Dobo yang kemudian melaporkannya ke SAR Merauke.

Dari surat kapal terungkap, kapal nahas itu merupakan kapal yang digunakan untuk memancing cumi yang berawak 25 orang ABK.

Kapal tersebut bertolak dari dermaga di Dobo pada tanggal 24 Juni lalu dan menuju ke perairan Arafura untuk memancing cumi.

Jika dihitung dari tepian pesisir Pulau Dolok ke titik kecelakaan, kapal berjarak sekitar 115 kilometer.

Supriyanto menuturkan, ada tiga kapal nelayan yang paling dekat dengan titik kejadian, yakni KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara yang dilaporkan langsung melakukan pencarian.

Sebanyak 10 ABK ditemukan selamat di sekitar lokasi kejadian dan dievakuasi ke atas KM Sinar Mas 01. 

Sementara KRI Teluk Weda yang berada di Teluk Bintuni dan KRI Teluk Weda telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian.

Adapun nama - nama ABK yang selamat yaitu Rusli, Dedi Riyanto, Subekhi, Agus Priyono, Diroh, Dian Andreansyah, Mubarok, Jaeni, Ali, Sodikin dan Hanif Setiawan.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/03/222051278/km-setia-makmur-tenggelam-di-laut-arafura-15-abk-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke