Salin Artikel

Kereta Mak Itam Akan Kembali Melaju di Atas Rel Sawahlunto-Muaro Kalaban

Lokomotif uap E1060 itu direncanakan kembali beroperasi di jalur tersebut pada Januari 2023.

"Kita perbaiki sarana dan prasarananya agar Mak Itam bisa kembali melayani masyarakat dalam rangka menunjang pariwisata di Sumbar," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Sawahlunto, Jumat (1/7/2022), seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan perbaikan sarana dan prasarana sekaligus pengoperasian KA itu dilakukan atas aspirasi masyarakat Sumbar yang dibawa oleh sejumlah kepala daerah.

"Menteri BUMN Erick Thohir merespons positif. Langsung memanggil saya untuk mengupayakan hal itu. Maka dengan kolaborasi empat BUMN bisa terealisasi," ujarnya.

Empat BUMN yang berkolaborasi untuk perbaikan sarana dan prasarana dan pengoperasian Mak Itam itu diantaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

"Perbaikan sarana sudah kita mulai sebulan lalu dan perbaikan prasarana kita mulai hari ini. Ditargetkan dalam waktu enam bulan akan selesai," ujarnya.

Pengoperasian kembali jalur ini bertujuan untuk mendorong perekonomian di Sumatera Barat melalui wisata perkeretaapian khususnya di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yaitu Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Deputi Bidang SDM & TI Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan bahwa berbagai harapan dan aspirasi masyarakat Sumatera Barat sudah ditangkap oleh Pak Menteri BUMN, Erick Thohir.

Ini merupakan langkah nyata dari Kementerian BUMN bersama-sama dengan BUMN untuk mendorong peningkatan Perekonomian, khususnya dalam bidang Pariwisata yang ada di Sumatera Barat.

”Kolaborasi antar BUMN, Pemda Setempat, TNI, Polri dan para stakeholder lainnya sangat penting untuk kesuksesan Program ini. Kami dari Kementerian BUMN berharap agar semua pihak dapat saling berkolaborasi sehingga Program ini dapat segera memberi manfaat nyata bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kota Sawahlunto” ujar Tedi Bharata.


Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan, pembangunan Sumatera Barat itu perlu dilakukan secara bersama-sama dan harus saling berkolaborasi.

Diharapkan agar pemerintah daerah bisa memanfaatkan berbagai potensi yang ada di Sumatera Barat ini.

”Membangun Sumatera Barat tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan secara bersama-sama. Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan seluruh BUMN yang terlibat dalam merealisasikan pengoperasian kembali KA Mak Itam ini,” ujar Andre.

Perbaikan prasarana berupa perbaikan jalan rel, dua buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo.

Perlu dilakukan penggantian rel, bantalan, penambahan balas, agar perjalanan KA dapat melintas dengan aman.

Untuk jembatan akan dilakukan pengecatan dan penyanggaan agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api.

Sedangkan untuk pekerjaan terowongan, KAI melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan.

Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam, akan diperbaiki sehingga tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm dan mengoptimalkan fungsi pengereman untuk memenuhi standar keselamatan operasional lokomotif uap.

Dengan tekanan uap yang cukup, Mak Itam dapat menarik dua sampai tiga kereta di lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/191647878/kereta-mak-itam-akan-kembali-melaju-di-atas-rel-sawahlunto-muaro-kalaban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke