Salin Artikel

Bupati Grobogan: Pak Tjahjo Kumolo Sosok Baik dan Sederhana, yang Rekomendasikan Saya Maju Bupati

Sebagai sesama kader PDI Perjuangan (PDI-P), Sri mengaku cukup mengenal mantan menteri dalam negeri tersebut.

Dia mengungkapkan perkenalannya dimulai ketika Tjahjo menjadi anggota DPR RI dengan salah satu daerah pemilihan adalah wilayahnya, Grobogan.

"Inalillahi wa innailaihi rojiun. Saya merasa sangat kehilangan, bagi saya selaku kader PDI-P beliau sudah seperti bapak sendiri," kata Sri saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Jumat Sore.

Menurut Sri, akhir pekan ini dirinya sudah berencana bertolak ke Jakarta untuk membesuk Tjahjo Kumolo yang dikabarkan sakit.

Setelah berkomunikasi dengan ajudan Tjahjo Kumolo, Sri bahkan berupaya mengirimkan "voice note" melalui WhatsApp untuk mendukung kesehatan si menteri.

"Kondisi kesehatan beliau menurun sehingga saya kirim pesan suara sebagai bentuk dukungan. Minggu sore saya akan terbang ke Jakarta membesuk beliau, namun takdir berkata lain. Selamat jalan Bapak Tjahjo Kumolo, semoga husnul khotimah," tutur Sri Sumarni.

Bagi Sri Sumarni, Tjahjo Kumolo adalah sosok yang berkepribadian baik dan sederhana. Almarhum juga tercatat berperan penting dalam karir politik Sri Sumarni.

"Beliaulah orang pertama yang merekomendasikan saya nyalon sebagai Bupati Grobogan. Saat itu di pinggir jalan, saya diajak makan sate di Jakarta. Saya juga diundang di kantornya saat dilantik menteri dan saya bilang, Pak, saya orang ndeso dan beliau menjawab 'aku yo wong ndeso, podo wae'," ungkap Sri.

"Pak Tjahjo Kumolo orang yang baik, cerdas dan sederhana," pungkas Sri.

Sebagai informasi, Tjahjo adalah kader PDI-P dan pernah menjadi sekretaris jenderal partai.

Dia mundur dari posisinya sebagai Sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan-RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDI-P. Dia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/185649478/bupati-grobogan-pak-tjahjo-kumolo-sosok-baik-dan-sederhana-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke