Salin Artikel

Viral Video Chat Mesum Guru Madrasah di Magelang kepada Siswinya

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang guru laki-laki sebuah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diduga telah melakukan pelecehan seksual verbal terhadap siswanya

Hal itu terungkap dari sebuah video yang berisi sejumlah tangkapan layar percakapan Whatsapp antara guru dan siswa tersebut dan viral di media sosial beberapa hari ini.

Salah satu akun twitter @txtdarimagelang mengunggah video tersebut pada 30 Juni 2022 hingga mendapat respons dari ribuan warganet. 

Di salah satu tangkapan layar percakapan itu terungkap, guru matematika itu meminta agar sang siswa mengirimkan foto selfie, namun ditolak. 

Kemudian, guru itu mengirimkan pesan-pesan "mesum" terhadap siswa tersebut. 

Guru yang dipanggil Pak Ryan itu juga sempat menelepon meski tidak diangkat siswa itu. Dari tangkapan layar percakapan itu terjadi pada 17 Juni 2022.

Selanjutnya dari utas akun tersebut muncul balasan yang mengaku pernah mengalami hal sama, bahkan ada seorang siswa yang pernah sampai mengalami pelecehan secara fisik.

Kompas.com telah mengkonfirmasi Handono, kepala madrasah tersebut, Jumat (1/7/2022). Handono menyatakan telah mengklarifikasi guru itu dan mengakui telah melakukan perbuatan tidak senonoh itu kepada siswanya. 

"Yang dari chat itu, iya (mengakui)," kata Handono, di kantornya.

Pihakya telah mengadakan pertemuan yang dihadiri guru tersebut, dan keluarga siswa, termasuk dengan kepolisian dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kabupaten dan Kota Magelang.

Sebagai langkah tegas, pihaknya juga langsung memberhentikan guru tersebut. 

"Kami sudah lakukan semua, klarifikasi sudah, diberhentikan pelakunya sudah, sudah klarifikasi ke orangtuanya sudah, (korban) dan anaknya sudah," kata Handono.

Handono berujar, guru tersebut mengampu mata pelajaran Matematika berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) sejak tahun 2016 silam. 

Sejauh ini pihak keluarga belum melaporkan kejadian ini ke kepolisian sehingga belum masuk ranah pidana. Handono menyebut dari kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kasus ini.

"Kalau hukum kan bukan wewenang kita ya. Pokoknya sudah kita sampaikan sudah kita selesaikan, itu saja. (Keluargaan) Ya, kalu di sini seperti itu ya. Kesepakatan ya, ini juga kejadiannya di luar sekolah ya," ujar Handono. 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/162955178/viral-video-chat-mesum-guru-madrasah-di-magelang-kepada-siswinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke