Salin Artikel

Sistem Bubble Covid-19 ASEAN Para Games 2022, Gibran: Per Hotel Per Cabor

Sistem bubble akan diterapkan sejak para kontingen tiba di Kota Solo, Jawa Tengah pada Selasa (26/7/2022), mendatang.

"Intinya disetiap hotel-hotel yang kita siapkan, nanti protokol kesehatan akan super ketat. Per hotel per cabor (cabang olahraga)," kata Ketua INASPOC ASEAN Para Games 2022, Gibran Rakabuming Raka, pada Jumat (1/7/2022).

Total ada 19 hotel yang disiapkan, dengan rincian 17 hotel di Kota Solo dan 2 hotel di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sedangkan untuk jumlah sekitar 1.283 orang dan total kontingen 1.800 orang.

"Ini untuk mitigasi Covid-nya, lebih rapat. Nanti dengan segala konsekuensinya ini akan tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Nantinya apabila jelang terselenggaranya ASEAN Para Games pada 30 Juli hingga 7 Agustus 2022 kasus Covid-19 di Kota Solo naik, panitia akan melakukan pengetatan.

"Kita pengetatan lagi misalnya di volunteer, pegawai hotel, driver, yang perlu dijaga juga soalnya mereka yang keluar masuk juga," kata Gibran.

Selain itu, Wali Kota Solo ini juga telah menyiapkan skenario terburuk, jika adanya kontingen yang terpapar Covid-19.

"Kita juga sudah nyiapin tempat khusus untuk karantina dan lain-lain. Sudah koordinasi dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga semuanya udah disiapin," jelasnya.

"Juga untuk tes doping dan makanan mesti disiapin semua. Ya nanti ada ahli gizi yang mendampingi makanan-makanannya makanannya full board semua," papar dia.

Sementara itu, Sekertaris INASPOC ASEAN Para Games, Rima Ferdianto, menjelaskan alasan dibalik sistem bubble untuk setiap cobor untuk memudahkan proses koordinasi dan akomodasi selama perhelatan.

"Jadi setelah di Bandara, langsung dipecah per-cabang olahraga masing-masing untuk mengatur transportasinya karenakan ada venue yang jauh dari hotel. Jadi dibagi per kontingen cabor semuanya pendek-pendek, jadi gampang untuk mengaturnya," jelasnya.

Sedangkan untuk fasilitas setiap hotel akan mengikuti standar ramah disabilitas.

"Seperti para atlet yang berkebutuhan khusus roda, mereka menyiapkan 20 kamar untuk memodifikasi toilet maupun pintu kamar mandinya," kata Rima Ferdianto, di Solo, Jumat (1/7/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/145128878/sistem-bubble-covid-19-asean-para-games-2022-gibran-per-hotel-per-cabor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke