Salin Artikel

Kapal Motor Alami Patah Kemudi di Perairan Taman Nasional Komodo, 16 Penumpang Selamat

Kepala Kantor Basarnas Maumere, Lalu Wahyu Efendi menjelaskan, peristiwa itu terjadi di Pulau Kambing pada koordinat 08°38'04.7" S - 119°42'41.4" E dengan radial 231.94° dan jarak 13.9 NM dari Pos SAR Manggarai Barat.

Saat mengalami patah kemudi, kapal motor tengah mengangkut 16 orang penumpang.

"Kami menerima informasi melalui Pos SAR Manggarai Barat pada pukul 20.00 Wita. Informasi itu dari bapak Rio salah satu penumpang Kapal KM Karmila bahwa telah terjadi kecelakaan," jelas Efendi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Kronologi

Pihaknya mendapatkan informasi dari pelapor bahwa pada pukul 14.30 Wita, KM Karmila yang merupakan jenis kapal barang mengangkut muatan material dan person on board (POB) berjumlah 16 orang yakni 13 penumpang dan tiga anak buah kapal.

Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca. Pada pukul 16.00 Wita mereka tiba di Pulau Rinca dan melakukan bongkar barang.

"Pukul 18.00 WIta, kapal bertolak menuju kembali ke Pelabuhan Labuan Bajo, tetapi di tengah perjalanan di sekitar perairan Pulau Kambing, KM Karmila dihantam gelombang tinggi dan angin yang kuat sehingga menyebabkan trouble engine patah kemudi," ungkap dia.


Usai menerima laporan tersebut, kata dia, pukul 20.20 Wita, Basarnas memberangkatkan tim SAR gabungan menuju lokasi kejadian.

Tim menggunakan RIB 500 PK Pos SAR Manggarai Barat & Sea Rider 500 PK Lanal Labuan Bajo.

Pada pukul 21.00 Wita, tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian dan melakukan proses evakuasi kepada 13 penumpang menuju RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Searider Lanal Labuan Bajo, sementara tiga orang ABK masih berada di kapal.

"Sambil berupaya melaksanakan perbaikan mesin, KM Karmila dalam keadaan aman dengan posisi lego jangkar di Pulau Kambing. Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pukul 21.50 Wita 13 penumpang KM Karmila beserta tim SAR gabungan telah sampai di Pelabuhan Labuan Bajo dengan selamat,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh tim SAR Gabungan yang cepat melaksananakan evakuasi pada seluruh penumpang yang ada di KM Karmila.

"Semoga tugas kemanusiaan ini mendapat pahala yang baik dari Tuhan yang Maha Esa," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/093122878/kapal-motor-alami-patah-kemudi-di-perairan-taman-nasional-komodo-16

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke