Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Ketapang Kalbar Selama 5 Detik

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Rahadi Oesman Ketapang, Heru Sukoco mengatakan, posisi persis gempa berada di koordinat 2.57 Lintang Selatan, 109.98 Bujur Timur atau sekitar 25 kilomater dari Pantai Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang.

"Gempa terjadi selama 4 detik dengan kedalaman adalah 10 kilometer berada di dasar laut," kata Heru, dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat pagi.

Heru melanjutkan, meskipun kurang dari 5 detik, namun gempa tersebut cukup terasa hingga wilayah padat penduduk di Kecamatan Delta Pawan yang berjarak kurang lebih 85 kilometer dari pusat gempa.

"Gempa ini skala Modified Mercalli Intensity (MMI-red) atau masuk ke dalam kategori III – IV yang berarti getaran dapat dirasakan langsung oleh masyarakat tetapi tidak mengakibatkan kerusakan yang signifikan," terang dia.

Heru mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan untuk dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah," imbau dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/081129378/gempa-magnitudo-50-guncang-ketapang-kalbar-selama-5-detik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke