Salin Artikel

Antisipasi Dampak Psikososial Pascabencana, Pemprov Papua Siagakan 360 Relawan

KOMPAS.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Papua William Manderi mengatakan, penanganan pascabencana sangat penting karena saat itu para korban rentan mengalami masalah mental.

"Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiagakan 360 relawan yang akan bekerja untuk menangani dampak psikososial bila terjadi bencana alam," tutur William, dikutip dari keterangan persnya, Selasa (5/7/2022).

William menjelaskan, para relawan berperan penting agar petugas medis, khususnya bagian trauma healing. Mereka bisa bekerja efektif guna meminimalkan dampak psikososial bagi para korban bencana.

"Para relawan berperan penting dalam mendata korban yang terindikasi mengalami dampak psikososial. Dengan rekomendasi dari para relawan, para korban segera mendapatkan penanganan dari tenaga ahli," ujarnya.

Selain itu, mengingat kondisi di seluruh wilayah Papua merupakan kawasan rawan bencana, maka penyiapan para relawan harus segera dilakukan.

"Peran para relawan ini tidak hanya untuk penanganan korban bencana alam. Mereka juga menangani korban nonbencana alam, misalnya korban yang mengalami dampak psikososial akibat pandemi Covid-19, " terang William.

Sementara itu, mentor dari Yayasan Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Papua dan Papua Barat (YP2MP) Aisyah Arifin mengatakan, pembekalan para relawan sangat penting untuk mengetahui cara deteksi dini korban yang rentan mengalami dampak psikososial, seperti warga lanjut usia (lansia).

Hal tersebut bisa diketahui dari pendataan latar belakang korban, seperti hubungan komunikasi yang terputus karena keluarganya meninggal dunia hingga hubungan korban dengan lingkungan yang terganggu.

"Apabila menemukan adanya gangguan kecemasan pada korban yang rentan, maka relawan membantu proses pemulihan dengan merekomendasikan adanya bantuan dari tenaga psikiatri, " tutur Aisyah.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/13480981/antisipasi-dampak-psikososial-pascabencana-pemprov-papua-siagakan-360

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke