Salin Artikel

Danau Talang: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

KOMPAS.com - Danau Talang terletak di Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Danau vulkanik ini memiliki luas pemukaan sekitar 5 Km persegi.

Tampat wisata ini merupakan salah satu danau yang terdapat di Kabupaten Solok.

Ada beberapa danau lain yang terdapat di Kabupaten Solok, yaitu Danau Kembar, Danau Singkarak, Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Tuo.

Daya Tarik Danau Talang

Danau Talang merupakan reservoar dari Gunung Talang. Kawasan ini memiliki potensi keindahan serta dikelilingi rangkaian bukit-bukit dari Gunung Talang.

Keindahan kawasan danau dapat dilihat ketika pengunjung berdiri di dekat danau. Warna air danau yang sangat jernih hingga ke dasar danau menggoda untuk mandi atau bermain air.

Keindahan lainnya berupa pinggiran danau yang dikelilingi oleh bebatuan besar yang tidak jelas asal usulnya. Konon menurut cerita, batu-batu besar itu berasal dari semburan Gunung Talang yang memuntahkan isinya saar erupsi.

Disekitar danau juga terdapat hamparan kebun teh dan perkebunan sayur mayur yang menambah keindahan pemandangan danau ditambah udara yang dingin. Hal ini karena, Danau Talang berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Selain pemendangan danau, pengelola juga menyediakan kapal untuk pengunjung yang ingin mengelilingi danau.

Bagi yang ingin berkemah dapat membawa tenda dan perlengkapan masak untuk merasakan sensasi bermalam di Danau Talang.

Danau Talang memiliki panjang kurang lebih 1,71 kilometer, lebar 0,94 kilometer, dan keliling 4,52 kilometer. Kedalaman Danau Talang sekitar 90 meter.

Harga Tiket Danau Talang

Saat memasuki kawasan Danau Talang, pegunjung akan diminta untuk memberikan sumbangan suka rela dan membayar parkir sebelum memasuki area parkir.

Rute Danau Talang

Jarak tempuh Danau Talang ke Arosuka sekitar 20,8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 46 menit. Perjalanan akan melewati Jalan Padang - Alahan Panjang.

Arosuka adalah kota kecil yang merupakan ibu kota Kabupaten Solok. Arosuka merupakan singkatan dari Kayu Aro dan Sukarami.

Selama perjalanan, pengunjung akan melihat hamparan perkebunan sayur, seperti daun bawang atau seledri. Danau Talang terletak di sebelah Danau Di Bawah. Kondisi jalanan menanjak dan menurun.

Beberapa komunitas sepedan banyak yang melewati kawasan ini.

Sumber:

dpmptspnaker.solokkab.go.id, www.antaranews.com, dan sikamek.sumbarprov.go.id

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/060000178/danau-talang--daya-tarik-harga-tiket-dan-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke