Salin Artikel

Selidiki Dugaan Kekerasan Seksual terhadap Sejumlah Mahasiswa, Polda NTB: Kami Akan Bekerja Keras

MATARAM, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelidiki dugaan kekerasan seksual yang dilaporkan sejumlah mahasiswa di Kota Mataram, NTB.

Terdapat lebih dari 10 mahasiswa yang diduga menjadi korban kekerasan seksual. Mereka didampingi oleh tim Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) Universitas Mataram.

Kasubdit IV Unit PPA Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda NTB, AKBP Ni Made Pujawati mengungkapkan, pihaknya telah menerima laporan dari korban yang didampingi oleh tim BKBH dan akan dilakukan penyelidikan.

"Kami akan bekerja keras, saat ini masih melakukan penyelidikan atau aduan atas laporan tersebut, dan kami mohon waktu dulu supaya konsentrasi melengkapi penyelidikannya," kata Puje, sapaan Ni Made Pujawati, saat ditemui di kantornya, Rabu (29/6/2022).

Pihaknya melayani laporan kasus itu sesuai prosedur, perkara itu ditangani oleh polisi wanita atau polwan yang berada di bawah Subdit IV.

"Untuk penanganan, sesuai prosedur dan penanganan yang ada, ditetapkan dan didampingi oleh polwan-polwan yang bertugas di subdit kami, baik itu unit penanganan kasus asusila, atau unit PPA, kita libatkan sebagian besar adalah polwan-polwan," kata Puje.

Sementara untuk terlapor sendiri, Puje tidak bisa memberikan keterangan karena masih dalam proses penyelidikan.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah mahasiswa melaporkan dugaan kekerasan seksual yang dialaminya. Mereka melapor dengan didampingi oleh tim BKBH Universitas Mataram.

Terlapor adalah seorang pria asal Kota Mataram.

Direktur BKBH Unram Joko Jumadi mengungkapkan, laporan tersebut merupakan laporkan kedua kalinya ke Unit PPA Ditreskimum Polda NTB.

Mereka melaporkan korban dengan Pasal 286 KUHP, yakni tentang tindak pidana pemerkosaan dengan kondisi tidak berdaya.

Pelaku menggunakan banyak modus untuk menjerat korbannya. Di antaranya dengan membantu masuk universitas, membantu pengerjaan skripsi hingga sugesti.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/29/155033378/selidiki-dugaan-kekerasan-seksual-terhadap-sejumlah-mahasiswa-polda-ntb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke