Salin Artikel

Momen Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi Rayakan Ulang Tahun ke-74, Tiup Lilin dan Potong Kue

SOLO, KOMPAS.com - Raja Keraton Solo Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwono (PB) XIII Hangabehi genap berusia 74 tahun, pada Selasa (28/6/2022).

Peringatan ulang tahun Raja Keraton Solo tersebut berlangsung di Sasana Handrawina Keraton Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, peringatan ulang tahun Raja Keraton Solo dihadiri Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aryo Widyandoko.

Para kerabat, abdi dalem, dan sentana dalem keraton juga turut hadir dalam peringatan ulang tahun ke-74 Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi.

Peringatan ulang tahun diawali dengan prosesi Raja Keraton Solo PB XIII beserta permaisuri dan putra-putri dalem masuk ke Sasana Handrawina dengan diiringi gending ladrang srikaton, pelog barang.

Kemudian dilanjutkan pembacaan doa keselamatan. Setelah itu Raja Keraton Solo PB XIII Hangabehi meniup lilin dan memotong kue disaksikan para tamu undangan yang hadir.

Pengageng Parentah Keraton Solo Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipokusumo mengatakan, setiap tahun Raja Keraton Solo PB XIII selalu merayakan ulang tahunnya.

Tetapi selama dua tahun terakhir tepatnya sejak pandemi Covid-19 hanya dirayakan bersama keluarga.

Mulai tahun ini, PB XIII Hangabehi kembali mengundang tamu dalam acara peringatan ulang tahunnya.

"Tahun kemarin sebelum pandemi juga dirayakan dengan mengundang tamu dari luar. Terus (saat pandemi) dirayakan satu keluarga di Sasana Putra. Jadi lebih ke internal keluarga," kata Dipo di Keraton Solo, Selasa malam.

Dipo mengungkapkan peringatan ulang tahun PB XIII tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada kerja sama penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Keraton Solo dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Pihaknya berharap dengan adanya MoU yang dilaksanakan bertepatan peringatan ulang tahun PB XIII, Keraton Solo lebih terbuka dalam semua hal. Terutama dalam pengembangan kebudayaan.

"Jadi ini momentum," terang Dipo.

Rektor ISI Solo I Nyoman Sukerna mengatakan, kerja sama antara ISI Solo dengan Keraton Solo merupakan implementasi Tridharma perguruan tinggi dan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang menjadi kebijakan Kemendikbudristek.

Pihaknya berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan kontribusi dan peran serta ISI Solo dalam melestarikan seni budaya dan adat-istiadat Jawa.

"ISI Solo sebagai salah satu perguruan tinggi negeri seni yang mengemban tugas sebagai institusi pelestari dan pengembangan seni tradisi, sudah sepantasnya untuk melakukan kerja sama dengan pihak karaton," terang I Nyoman Sukerna.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/29/050000478/momen-raja-keraton-solo-pb-xiii-hangabehi-rayakan-ulang-tahun-ke-74-tiup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke