Salin Artikel

Buat Surat Titip Siswa di PPDB, Wali Kota Serang Bakal Dipanggil Pj Gubernur Banten

Klarifikasi dilakukan terkait adanya surat rekomendasi untuk menitipkan salah satu calon siswa pada Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Kota Serang.

"Saya diberi waktu juga untuk melakukan klarifikasi," kata Muktabar ditemui wartawan usai mengikuti rapat koordinasi penanggulangan PMK di Pendopo Gubernur Banten, Serang. Selasa (28/6/2022).

Dijelaskan Muktabar, klarifikasi dilakukan untuk mencari tahu kebenaran surat rekomendasi secara langsung kepada yang mengeluarkannya.

Mantan Sekda Banten itu juga mengaku belum melihat surat rekomendasi yang viral dimedia sosial itu.

"Saya perlu lihat validasi kebenaran dari itu (surat rekomendasi) dan seterusnya. Nanti kita lihat senyatanya apa yang menjadi fakta-fakta yang konkrit. Mudah-mudahan semua ada solusi," ujar Muktabar.

Sebelumnya, Wali Kota Serang Syafrudin saat dikonfirmasi wartawan membenarkan surat tersebut.

Namun, Syafrudin mengklaim surat rekomendasi itu untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan.

"Orang yang mau sekolah itu harus dibantu, bukan praktik (titip), namanya mau sekolah, siapapun yang mau sekolah kalau bisa dibantu untuk warga kota serang," kata Syafrudin ditemui wartawan usai meninjau pelaksanaan PPDB di kantor Disdik Kota Serang. Selasa (28/6/2022).


Syafrudin menegaskan, surat itu dibuat bukan untuk anak pejabat melainkan anak dari orangtua yang tidak mampu.

"Warga biasa tukang ojek, tukang becak, orang tidak mampu," ujarnya.

Sebuah foto memperlihatkan surat rekomendasi Wali Kota Serang Syafrudin agar menerima salah satu calon siswa yang mengikuti PPDB SMAN 1 Kota Serang.

Dalam foto tersebut terlihat, di bagian atas terdapat kop surat burung garuda bertuliskan WALIKOTA SERANG. Surat tersebut diunggah akun twitter @dawiguna.

Surat rekomendasi itu ditandatangani Syafrudin dengan jabatan Wali Kota Serang. Ia meminta SMAN 1 Kota Serang membantu salah satu calon peserta didik baru.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/194141878/buat-surat-titip-siswa-di-ppdb-wali-kota-serang-bakal-dipanggil-pj-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke