Salin Artikel

Setelah Ditutup 3 Kali, 7 Pasar Hewan di Klaten Akan Dibuka Besok

Sebelumnya, penutupan pasar hewan tersebut dimulai pada 25 Mei hingga 7 Juni 2022 dan diperpanjang hingga dua kali.

Adapun tujuh pasar hewan yang kembali dibuka itu antara lain Pasar Hewan Prambanan, Pasar Hewan Jatinom, Pasar Hewan Wedi, Pasar Hewan Pedan, Pasar Hewan Cawas, Pasar Hewan Bayat dan Pasar Hewan Plumbon.

"Besok tanggal 29 Juni 2022 pasar hewan di Klaten saya buka," kata Bupati Klaten Sri Mulyani di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2022).

Menurut dia pembukaan kembali pasar hewan tersebut dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban pada 9 Juli 2022.

Pembukaan kembali pasar hewan ini juga seiring telah dilakukannya program vaksinasi PMK di Klaten. Vaksinasi tahap pertama Klaten menerima sebanyak 2.200 dosis.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang ingin membeli hewan kurban tidak perlu harus mencari di luar Klaten. Menurutnya dengan stok ratusan ribu ekor ternak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berkurban.

"Sehingga masyarakat tidak perlu mencari-cari hewan ternak yang ada di luar Klaten. InsyaAllah stoknya aman," terang Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani meminta dinas terkait untuk mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) pembukaan kembali pasar hewan tersebut.

Untuk mengantisipasi masuknya hewan ternak dari daerah lain, pihaknya bekerja sama dengan stakeholder baik kepolisian maupun TNI untuk mengawasi lalu lintas hewan ternak.

"Karena ini kaitannya dengan pasar minta tolong kepada kapolsek, danramil, seluruh camat dan desa untuk ikut menertibkan pasar-pasar yang akan dibuka besok," terangnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/163157178/setelah-ditutup-3-kali-7-pasar-hewan-di-klaten-akan-dibuka-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke