Salin Artikel

26 Rumah di Pati Rusak Diterjang Banjir Bandang, Ini Penyebabnya

PATI, KOMPAS.com - Sebanyak 26 rumah warga di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, rusak diterjang banjir bandang, pada Senin (27/6/2022) malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggung Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, sebelum terjadi banjir bandang, wilayah setempat diguyur hujan deras hingga memicu tanggul sungai jebol sepanjang 25 meter.

"Banjir bandang semalam sekitar pukul 22.15 dan 26 rumah mengalami kerusakan bervariasi," kata Budi, saat dihubungi melalui ponsel, pada Selasa (28/6/2022).

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Pati, kata Budi, banjir bandang tercatat melanda permukiman di Desa Tunjungrejo RT 002 RW 005 dan RT 002 RW 006.

Puluhan rumah dikategorikan rusak sedang hingga berat.

Di antaranya rumah milik Wagiyo, Jasmani, Kasmani, Sukarjan, Sukarji, Ahmadi, Joko, Mursidi, Pardi, Muchtar, Sutiyono, Solekan dan Dul.

"Kerugian masih dalam pendataan dan tidak ada korban jiwa," kata Budi.

Saat ini, tim upaya penanganan TRC BPBD Kabupaten Pati, TNI, Polri dan warga sudah diterjunkan ke lokasi untuk membantu warga terdampak banjir bandang.

"Jadi, waspada kemungkinan terjadinya banjir karena curah hujan yang mungkin masih turun. Jauhi aktivitas di sekitar aliran sungai, jangan membuang sampah di sungai dan perkuat tanggul dengan tanaman akar kuat," pungkas Budi.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/161539878/26-rumah-di-pati-rusak-diterjang-banjir-bandang-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke