Salin Artikel

Update Kecelakaan Beruntun Km 92 Cipularang, Sopir Bus Belum Ditemukan

BANDUNG, KOMPAS.com - Hingga kini, sopir bus yang diduga kehilangan kendali dan menyebabkan tabrakan beruntun di Tol Cipularang Km 92, wilayah Sukatani Purwakarta arah Jakarta, belum ditemukan.  

"Sopir bus belum ditemukan sampai sekarang," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Ibrahim Tompo di Rupbasan Klas I Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/6/2022).

Ibrahim mengungkapkan, polisi masih mencari sopir dan meminta perusahaan otobus (PO) untuk menyerahkan sang sopir sesegera mungkin.

"Kita imbau kepada PO bus tersebut untuk membawa (sopir bus) ke penyidik untuk dilakukan pemeriksaan," kata Ibrahim.

Bila tak ditemukan, status sopir bus bakal masuk daftar pencarian orang (DPO). 

Sementara itu, Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jabar telah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk menyelidiki faktor penyebab tabrakan beruntun yang melibatkan 17 kendaraan tersebut. 

Pemeriksaan teknis terhadap kendaraan bus pun dilakukan, seperti pemeriksaan ramcek dankonsultasi dengan ahli perhubungan darat untuk melihat kondisi dari kendaraan bus.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur mengatakan, bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

Bus diduga rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya. Kecelakaan beruntun ini melibatkan sejumlah kendaraan karena situasi lalu lintas saat itu sedang padat. 

Akibat tabrakan beruntun di Tol Cipularang tersebut, 3 orang mengalami luka berat dan 16 orang luka ringan.

Korban kecelakaan langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Abdul Radjak Purwakarta.

Kemudian pada pukul 01.17 WIB, lokasi kejadian dinyatakan telah ditangani dan lalu lintas kembali normal.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan dibawa ke Pool Derek Jatiluhur. Pihak kepolisian dan Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama," imbaunya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/151910478/update-kecelakaan-beruntun-km-92-cipularang-sopir-bus-belum-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke