Salin Artikel

Kronologi Kapal Pengangkut 18 Wisatawan Tenggelam di Perairan Taman Nasional Komodo, 1 Orang Tewas

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Lalu Wahyu Efendi, menjelaskan, pihaknya melalui Pos SAR Manggarai Barat menerima informasi kapal tenggelam itu pada pukul 07.50 Wita.

"Pemberi informasi atas nama Irfan menyampaikan, telah terjadi kecelakaan kapal wisata Diana dengan berat 61 GT dengan person on board (POB) 24 orang tenggelam di Perairan Pulau Kambing dengan rute pelayaran Pelabuhan ASDP Labuan Bajo menuju Pulau Padar," kata Efendi, Selasa.

"Diperkirakan (tenggelam) pada koordinat 08°37'28.50" S - 119°42'31.93" E dengan radial 231.58° dan jarak 12.62 NM dari Pos SAR Manggarai Barat," lanjut Efendi pada Kompas.com.

Kronologi

Ia menerangkan, dari informasi pelapor pada pukul 05.30 Wita, kapal wisata itu berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar.

Saat tiba di perairan Pulau Kambing, kapal wisata Tiana yang mengangkut 18 orang wisatawan dan 6 ABK diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi hingga kapal tenggelam.


Selanjutnya, kapal wisata Andalucia kebetulan melintas di sekitar Kapal Wisata Tiana dan menolong 18 wisatawan serta 6 ABK.

Sementara dua penumpang masih dalam pencarian.

Ia melanjutkan, setelah menerima informasi pada pukul 08.10 Wita, pihaknya memberangkatkan Tim SAR Rescue untuk melaksanakan operasi SAR.

Pada pukul 08.40 Wita, tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian.

"Pada pukul 09.00 Wita, tim SAR gabungan berhasil menemukan salah satu korban atas nama J.Widaningsi, sorang perempuan dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju RSUD Komodo," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/115130678/kronologi-kapal-pengangkut-18-wisatawan-tenggelam-di-perairan-taman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke