Salin Artikel

Dapat 600 Dosis, Vaksinasi PMK Dimulai dari Sentra Pemasok Sapi Terbesar di Magelang

Vaksinasi diawali dari Dusun Podo, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasi tersebut merupakan sentra atau pemasok daging sapi terbesar di Magelang.

"Baru kemarin hari Jumat vaksin ini diberi dan langsung kita laksanakan vaksinasi di Podosoko, karena Podosoko ini sebagai salah satu sentra yang memperkuat kontribusi daging yang ada di Kabupaten Magelang," jelas Bupati Magelang Zaenal Arifin, dalam keterangan pers, Senin (27/6/2022).

Zaenal mengatakan, vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penularan PMK hewan ternak. Meski begitu dibutuhkan partisipasi aktif masyarakat, khususnya peternak, dalam pengendalian penyebaran virus ini.

"Untuk mencapai keberhasilan vaksinasi diperlukan sinergitas semua pihak, terutama seluruh peternak di Kabupaten Magelang," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Zaenal meminta maaf kepada masyarakat karena terpaksa menutup beberapa pasar hewan. Hal ini agar tidak terjadi penularan yang lebih luas lagi.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) setempat juga berupaya memberikan multivitamin dan suntikan antibiotik pada hewan ternak.

Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Joni Indarto memaparkan, Kabupaten Magelang merupakan salah satu sentra sumber ternak di Provinsi Jawa Tengah. Jumlah ternak sapi potong mencapai 78.813 ekor, sapi perah 687 ekor, kerbau 5.814 ekor, kambing 84.996 ekor, domba 87.136 ekor, dan babi 558 ekor.

Namun demikian semua jenis hewan ternak tersebut merupakan hewan rentan tertular virus PMK yang sudah berjangkit di 19 Provinsi, dan 218 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Kasus pertama PMK di Kabupaten Magelang ditemukan tanggal 22 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Salam," sebutnya.

Berdasarkan data per 28 Juni 2022, PMK sudah menyebar di 16 kecamatan dan 63 desa. Total ternak yang terjangkit PMK 782 ekor. Rinciannya, ternak sudah membaik 513 ekor, masih sakit 234 ekor, dipotong 32 ekor dan mati 3 ekor.

Dari 21 Kecamatan, saat ini 5 di antaranya belum ditemukan kasus PMK, yakni Kecamatan Muntilan, Kaliangkrik, Bandongan, Windusari dan Secang.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/28/105439678/dapat-600-dosis-vaksinasi-pmk-dimulai-dari-sentra-pemasok-sapi-terbesar-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke