Salin Artikel

Populasi Sapi 170.365, Wonogiri Baru Dapat Kuota 1.500 Dosis Vaksin PMK

WONOGIRI, KOMPAS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri baru mendapatkan kuota 1.500 vaksin dari pemerintah pusat untuk disuntikkan pada hewan ternak agar tidak mudah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Padahal total populasi sapi di Kabupaten Wonogiri berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Tengah tahun 2021 mencapai 170.365 ekor.

Lantaran kuota vaksin yang didapatkan terbatas, Pemkab Wonogir akan menggunakan vaksin yang ada untuk daerah yang diprioritaskan.

Untuk itu, hewan ternak yang belum pernah terpapar PMK akan terlebih dahulu diprioritaskan mendapatkan vaksin dari pemerintah.

Jekek mengatakan setelah mendapatkan lokasi sasaran yang harus diprioritaskan maka petugas segera turun ke lapangan memvaksinasi hewan ternak. Bahkan seluruh petugas sudah disiapkan di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

“Kami sudah meminta rekomendasi dari aspek klinisnya untuk vaksinasi apakah langsung di daerah zona hijau untuk fungsi pencegahan atau zona merah dengan kasus paling parah. Dan tentunya kami sesegera mungkin mendistribusikan vaksin ke lapangan” jelas Jekek.

Jekek menyebut enam dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri masih masuk kategori zona hijau PMK (bebas dari PMK). Enam kecamatan itu yakni Kecamatan Paranggupito, Giritontro, Eromoko, Nguntoronadi, Wonogiri, dan Selogiri. Sedangkan sisanya berada di zona kuning.

Sementara data terakhir kasus PMK di Kabupaten Wonogiri, Jekek menyebut terdapat 330 kasus sapi suspek PMK. Dari jumlah itu, 280 ekor sapi dinyatakan sembuh, 27 ekor dipotong dan lima ekor mati.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/27/214326978/populasi-sapi-170365-wonogiri-baru-dapat-kuota-1500-dosis-vaksin-pmk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke